Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara| Kerajaan Tarumanegara terdapat berbagai macam atau jenis hasil peninggalan kebudayaan dari raja-raja yang pernah memerintah kerajaan tarumanegara atau biasa disebut dengan silsilah kerajaan tarumanegara dengan berbagai hasil-hasil kebudayaan yang diciptakan dari berbagai hasil penemuan para ahli yang telah didapatkan. Hasil Peninggalan kebudayaan dari Kerajaan Tarumanegara berupa prasasti. Prasasti-prasasti yang berjumlah tujuh buah tersebut ditulis dalam bahasa Sanskerta. Ketujuh prasasti hasil peninggalan kebudayaan Kerajaan Tarumanegara adalah sebagai berikut..

Peninggalan-Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara
a. Prasasti Ciaruteun menyebutkan nama Tarumanegara, Raja Purnawarman, dan lukisan sepasang kaki yang dianggap sama dengan telapak kaki Dewa Wisnu. Prasasti Ciaruteun yang terletak di Ciampea, Bogor dikenal juga dengan Prasasti Ciampea. 
b. Prasasti Tugu menyatakan bahwa Raja Purnawarman memerintahkan menggali saluran air bernama Gomati sepanjang 6.112 tombak. Pekerjaan itu dilakukan pada masa pemerintahan Raja Purnawarman yang ke-22 dan selesai dalam 21 hari. Prasasti Tugu ditemukan di Cilincing, Jakarta. 
c. Prasasti Kebon Kopi ditemukan di Kampung Muara Hilir, Kecamatan Cibungbulang. Pada prasasti itu tergambar bekas dua tapak kaki gajah yang diidentikkan dengan gajah Airawata, gajah milik penguasa Tarumanegara yang agung.
d. Prasasti Jambu ditemukan dibukit Koleangkak, perkebunan Jambu, sebelah barat Bogor. Prasasti ini berisi sanjungan kebesaran, kegagahan, dan keberanian Raja Purnawarman. 
e. Prasasti Lebak atau Prasasti Cidanghiyang ditemukan di Kampung Lebak, tepi Sungai Cidanghiyang, Pandeglang, Banten. Prasasti ini berisi pujian atas kebesaran dan keagungan Raja Purnawarman. 
f. Prasasti Pasir Awi ditemukan didaerah Leuwiliang. Prasasti ini tertulis dalam aksara ikal yang belum dapat dibaca. 
g. Prasasti Muara Cianten ditemukan di Bogor. Prasasti ini tertulis dalam aksara ikal yang juga belum dapat dibaca

Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara
(Prasasti Ciaruteun)
Sekian artikel tentang Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 07.25