Pengertian Tektonisme, Apa itu ?..

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Tektonisme, Apa itu ?..| Tektonisme atau diastropisme merupakan salah satu bagian dari tenaga endogen. Dalam pengertian tektonisme menurut definisi para ahli atau pakar mengatakan pendapatnya tentang pengertian tektonisme yang disimpulkan bahwa pengertian tektonisme adalah gejala perubahan dan pergeseran kerak bumi dalam skala yang luas. Yang termasuk gejala tektonisme adalah lipatan dan patahan. Berdasarkan teori tektonik lempeng, kerangk bumi terbagi menjadi beberapa lempeng yang bergerak satu sama lain, tetapi gerakan tersebut sangat lambat. 

Akibat gerakan-gerakan ini, lempeng-lempeng tersebut bisa mengalami perubahan-perubahan bentuk, misalnya menjadi lipatan-lipatan (bergelombang maupun akhirnya bagian tertentu dari lempeng patah. Lipatan terjadi karena gerakan yang lambat tetapi terus menerus, sedangkan patahan terjadi karena gerakan yang cepat dan tiba-tiba. 

Macam-Macam Tektonisme
Macam-Macam tektonisme atau jenis tektonisme dibedakan menjadi dua yang berdasarkan atas kecepatan gerakannya dan luas wilayah yang terkena pengaruh antara lain sebagai berikut..
a. Epirogenesa
Gerak Epironegesa adalah gerak yang membentuk benua dengan kecepatan gerakannya sangat lambat yang tak kita sadari. 
b. Orogenesa
Gerak Orogenesa adalah gerak yang membentuk patahan dan lipatan selang waktu terjadinya begitu cepat dan luas pergerakannya (daerah ) lebih sempit dibandingkan dengan epirogenesa. 

Pengertian Tektonisme, Apa itu ?..
"Sesar Mendatar merupakan beberapa akibat dari Tektonisme"
Sekian artikel tentang Pengertian Tektonisme, Apa itu ?.. semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 06.32