Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB)

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB)| Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Produk (GDP), dalam pengertiannya menurut definisi para ahli mengatakan bahwa pengertian Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Produk (GDP) adalah jumlah produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi pada suatu daerah di saat tertentu. Produk Domestik Bruto (PDB) merupakan alat pengukur dari pertumbuhan ekonomi dimana alat pengukur pertumbuhan ekonomi adalah PDB, PDB perkapita dan Pendapatan per jam Kerja. Sebagai alat pengukur dalam pertumbuhan ekonomi PDB memiliki rumus dalam mencari PDB  dan PDB juga memiliki empat komponen sebagai berikut... 

Komponen-Komponen Produk Domestik Bruto
a. Konsumsi rumah tangga
b. Investasi
c. Konsumsi pemerintah
d. Ekspor bersih, yang merupakan selisih dari total ekspor dan impor. 

Rumus Mencari PDB
Berdasarkan komponen-komponen tersebut, maka dirumuskan seperti dibawah ini..

PDB = C + I + G + (X-M) 
Keterangan : 
C : Konsumsi rumah tangga
I  : Investasi
G : Konsumsi pemerintah 
X : Ekspor 
M : Impor 

Dari rumus tersebut, dapat dijelaskan bahwa apabila konsumsi bertambah makan akan berpengaruh pada PDB yang akan meningkat pula. Begitu juga dengan Investasi, pengeluaran pemerintah dan ekspor bersih apabila mengalami peningkatan maka jumlah PDB akan meningkat, hal ini dikarenakan komponen-komponen tersebut berada dalam satu fungsi linier. Oleh karena itu, setiap negara selalu berusaha untuk meningkatkan konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah, dan nilai ekspor bersih. 

Secara kasar PDB dapat dijadikan ukuran kesejahteraan ekonomi suatu negara, akan tetapi ukuran ini tidak terlalu tepat. Mengapa dikatakan tidak tepat karena jika hanya melihat PDB, perhitungan tersebut masih mengabaikan faktor jumlah penduduk. 

Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB)

Sekian artikel tentang Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB) semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 01.27