Pengertian Lahan : Apa itu Lahan ?.

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Lahan : Apa itu Lahan ?.| Dalam pengertian lahan menurut definisi para ahli mengatakan bahwa lahan berasal dari kata land. Pengertian lahan adalah lingkungan fisik dan biotik yang berkaitan dengan daya dukungnya terhadap kehidupan dan kesejahteraan hidup manusia. Lingkungan fisik berupa relief atau topografi, iklim, tanah dan air, sedangkan lingkungan biotik adalah manusia, hewan, dan tumbuhan. Dalam penggunaan lahan, perlu diperhatikan aspek fisiknya agar tidak menimbulkan kerusakan bagi tanah serta daerah sekitarnya. Faktor fisik yang paling dominan adalah kemiringan lereng dan ketinggian dari permukaan air laut. Faktor kemiringan berpengaruh besar terhadap kendali air yang menentukan ada atau tidaknya kerusakan. 

Faktor fisik yang berpengaruh terhadap penggunaan lahan 
1. Lereng. lereng berpengaruh terhadap pengaliran air sebagai penyebab ada tidaknya kerusakan tanah. Pada lereng yang terjal, kerusakan tanah disebabkan intensitas erosi. Di kawasan pantai, kerusakan tanah dipengaruhi oleh infiltrasi air asin atau air payau ke dalam air tanah sebagai akibat pengeringan rawa di kawasan pantai atau kerusakan hutan bakau. 

2. Ketinggian Tempat, ketinggian tempat berpengaruh terhadap jenis tanaman yang diusahakan. Makin tinggi tempatnya, makin jarang dijumpai tanaman tropis. Batas tanaman budi daya umumnya pada ketinggian 1.000 m dari permukaan air laut. 

Pengertian Lahan : Apa itu Lahan ?.

Sekian artikel tentang Pengertian Lahan : Apa itu Lahan ?. semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 21.20