Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 16 November 2014

Pengertian Koperasi : Apa itu Koperasi ?..

Pengertian Koperasi : Apa itu Koperasi ?..| Dalam Pengertian koperasi menurut definisi para ahli mengatakan bahwa pengertian koperasi dan menurut undang-undang Nomor 25 tahun 1992 tentang pengertian koperasi, yang kami rangkum antara pengertian koperasi menurut para ahli dan undang-undang bahwa pengertian koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang per orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Didalam menjalankan kegiatannya, koperasi didasarkan pada beberapa landasan, antara lain sebagai berikut.., 

1. Landasan Idil koperasi Indonesia adalah Pancasila. Setiap kegiatan koperasi dalam kesehariannya harus dapat mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pancasila.
2. Landasan Struktural koperasi Indonesia adalah UUD 1945. Hal ini termuat dalam Pasal 33 ayat berbunyi Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Bentuk badan usaha yang bercocok dengan bunyi ayat tersebut, yaitu koperasi.
3. Landasan mental koperasi Indonesia adalah kesetiakawan dan kesadaran pribadi. Rasa setia kawan dan gotong royong merupakan sifat asli bangsa Indonesia. 

Pengertian Koperasi : Apa itu Koperasi ?..

Sekian artikel tentang Pengertian Koperasi : Apa itu Koperasi ?.. semoga bermanfaat 

Pengertian Koperasi : Apa itu Koperasi ?.. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin