Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 30 November 2014

Pengertian Kelangkaan, Apa sih itu Kelangkaan ?..

Pengertian Kelangkaan : Apa sih itu Kelangkaan ?..| Sekarang semuanya serba langka, tapi tahukah anda tentang pengertian kelangkaan itu sendiri ?...dimana kelangkaan sering kita ucapkan karna dampak atau akibat dari kelangkaan itu membuat kita sulit menggunakannya dan memakainya sesuka kita, sampai-sampai membuat kita untuk berhemat dari dampak tersebut perlunya upaya-upaya yang harus kita lakukan dalam menanggulangi dampak dari kelangkaan. Dalam pengertian kelangkaan menurut definisi para ahli atau pakar ekonomi mengatakan bahwa pengertian kelangkaan adalah keterbatasan alat pemenuhan kebutuhan yang dihadapkan dengan kebutuhan yang tidak terbatas.  

Dalam terjadinya kelangkaan ada banyak faktor-faktor penyebab yang mengaruhi terjadinya kelangkaan tersebut. Faktor-faktor terjadinya kelangkaan tersebut dapat kita antisipasi dengan aksi-aksi nyata yang kita lakukan dalam kelangkaan tersebut. Kita tahu bahwa Kebutuhan manusia tidak terbatas artinya kebutuhan yang satu terpenuhi muncul kebutuhan yang lain. Terbatasnya alat pemenuhan kebutuhan itulah yang menyebabkan terjadinya kelangkaan atau ketidakseimbangan antara sumber ala dan kebutuhan. 

Contoh-Contoh Kelangkaan 
a. Tanah sebagai sumber kekayaan alam (sumber daya alam) jumlahnya terbatas. Manusia tidak mungkin menambah luas tanah, lagi pula jika tanah itu ditanamai terus-menerus akan berkurang kesuburannya. 
b. Laut sebagai sumber kekayaan alam (sumber daya alam) jumlahnya terbatas pula. Tidak mungkin luas laut bertambah. Kekayaan yang terkandung di dalamnya pun akhirnya dapat habis pula. 
c. Bahan galian atau tambang juga merupakan submer kekayaan alam (sumber daya alam) yang terbatas. Jika terus-menerus digali dan tanpa pemeliharaan, bahan galian itu akan habis. 
d. Hutan sebagai penghasil kayu dan hasil hutan lainnya sangat dibutuhkan manusia, terbatas juga kemampuannya. Penebangan hutan tanpa perhitungan akan berakibat rusaknya hutan itu sendiri, bahkan dapat menimbulkan bencana. 
e. Alat-alat produksi, seperti pabrik, mesin, dan gedung jumlahnya terbatas sekali. 

Pengertian Kelangkaan, Apa sih itu Kelangkaan ?..
(Kelangkaan Air Bersih)
Sekian artikel tentang Pengertian Kelangkaan, Apa sih itu Kelangkaan ?.. semoga bermanfaat 

Pengertian Kelangkaan, Apa sih itu Kelangkaan ?.. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin