Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 1 November 2014

Pengertian Hidrosfer : Apa itu Hidrosfer ?.

Pengertian Hidrosfer : Apa itu Hidrosfer ?.| Dalam pengertian hidrosfer menurut definisi para ahli mengatakan bahwa pengertian hidrosfer adalah Lapisan air atau semua bentuk air yang ada dibumi. lapisan ini ini meliputi samudra, laut, sungai, gletser, air tanah, dan uap air yang terdapat di atmosfer. Apa itu atmosfer?. sebelumnya telah dibahas pengertian atmosfer dan lapisan-lapisan atmosfer. Hampir tiga seperempat bagian (kurang lebih 71%) permukaan bumi tertutup oleh air. Dari seluruh air yang ada di bumi 97,2% berupa air laut yang belum dapat dimanfaatkan secara optimal. Air tawar yang ada di permukaan bimi hanya 2,8% yang sebagian besar berupa es abadi di puncak-puncak pegunungan dan di kutup. Oleh karena itu, kita harus berhemat dalam pemakaian air tawa tidak segera habis berubah menjadi air laut. 

Dikenal juga siklus hidrologis, tahukah, apa itu siklus hidrologi ?.Pengertian Siklus hidrologi menurut definisi para ahli mengatakan bahwa pengertian siklus Hidrologi adalah air bumi yang memiliki jumlah tetap dan selalu bergerak dalam suatu lingkaran peredaran, siklus air, atau daur hidrologi. Siklus ini terjadi akibat pengaruh sinar matahari. Matahari memancarkan energi panas ke seluruh permukaan bumi sehingga terjadi penguapan air dari sungai, danau, rawa, laut, dan samudra. Uap air bergerak naik ke tempat yang lebih tinggi dan suhu udara makin rendah sehingga uap air disebut akan mengalami proses kondensasi. Di tempat yang tinggi, di daerah beriklim dingin atau sedang pada musim dingin uap air dapat langsung membeku menjadi salju karena mengalami proses sublimasi.  

Dari Proses Kondensasi, uap air berubah menjadi titik-titik air yang bergerombol di udara sebagai awan. Awan makin lama makin padat sehingga titik-titik air bergabung satu sama lain membentuk tetesan air, yang jatuh kemudian ke bumi sebagai hujan. Air hujan yang jatuh di permukaan bumi sebagian meresap ke dalam tanah menjadi air tanah, sebagian mengalir di permukaan bumi, dan sebagian lagi menguap. Air tanah keluar menjadi mata air dan mengalir menjadi sungai menuju ke laut atau ke danau. 

Pengertian Siklus Hidrologi dan Pengertian Siklus Hidrologi
Sekian artikel tentang Pengertian Hidrosfer : Apa itu Hidrosfer ?.  semoga bermanfaat

Pengertian Hidrosfer : Apa itu Hidrosfer ?. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin