Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 20 November 2014

Pengertian Fasisme : Apa itu Fasisme ?.

Pengertian Fasisme : Apa itu Fasisme ?.| Kata fasisme berasal dari kata "fascio" yang berarti "kelompok politik". Dari kata ini muncul istilah Fascio de Combattimento yang berarti "Barisan Tempur", yang dipraktikkan di Italia pada zaman kediktatoran Mussolini (1883-1945). Mussolini menjadi Perdana Menteri Fasis Italia dari tahun 1922-`1943. Dengan demikian, tahun 1922 merupakan tahun awal dimulainya  praktik fasisme. Secara umum, fasisme adalah sistem kediktotaran yang menempatkan negara di tangan satu orang dan melarang setiap oposisi atua perlawanan. 

Secara lebih khusus, fasisme adalah sistem pemerintahan diktatorial Italia, yang kemudian terkenal dengan nasionalisme ekstremnya. Nazisme adalah salah satu jenis fasisme. Di indonesia banyak yan menganggap Soeharto sebagai seorang fasisme. 

Asal Mula Kata Fasisme 
Pada masa Kekaisaran Roma, para magister (para hakim) membawa seikat tongkat yang ditengah-tengahnya ditempatkan sebuah kapak yang kepalanya menonjol keluar (fasci dalam bahasa latin). Fasci  ini melambangkan otoritas mereka. Mussolini menghidupkan kembali kata dan simbol itu di Italia pada tahun 1919. Partai pengikut, dan kelompok pejuangnya memakai nama Fascist, dan seikat tongkat itu menjadi log partai. Pengikut Hitler di jerman lebih suka menyebur diri mereka Sosialis Nasional daripada Fasis. Meski demikian, kedua gerakan itu (Fasisme Italia dibawah Mussolini dan Sosialisme Nasional Jerman dibawah Hitler) pada dasarnya sama. 

Pengertian Fasisme : Apa itu Fasisme ?.

Sekian artikel tentang Pengertian Fasisme : Apa itu Fasisme ?. semoga bermanfaat 

Pengertian Fasisme : Apa itu Fasisme ?. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin