Pengertian Bangsa : Apa itu Bangsa ?...

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Bangsa| Pengertian Bangsa, dalam bahasa inggris, bangsa berasal dari kata nation, Nation artinya bangsa, wangsa, atau trah (Jawa). Pengertian bangsa menurut definisi para ahli mengatakan bahwa pengertian bangsa adalah kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi. Sedangkan pengertian bangsa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam pengertian bangsa adalah orang yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri. terbagi atas dua yaitu pengertian bangsa secara sosiologi antropologis dan politis. Untuk mengetahui pengertian bangsa secara sosiologi antropologis dan politis dapat dilihat dibawah ini..

a. Bangsa dalam Arti Sosiologis Antropologis 
bangsa adalah persekutuan hidup yang berdiri sendiri dan setiap anggota persekutuan hidup tersebut merasasatu kesatuan, rasa bahasa, agama, dan adat istiadat. Persekutuan hidup, artinya perkumpulan orang-orang yang saling membutuhkan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dalam suatu wilayah tertentu. 

Persekutuan hidup dalam satu negara yang jumlah warganya banyak atau lebih besar jumlahnya dibanding persekutuan hidup yang lain, misalnya persekutuan hidup masyarakat Jawa. Persekutuan yang memiliki warga sedikit atau lebih kecil dibanding yang lain, misalnya masyarakat Suku Badui.

b. Bangsa dalam Arti Politis
Bangsa dalam pengertian politik adalah suatu masyarakat dalam suatu wilayah tertentu dan mereka tunduk kepada penguasa yang ada. Jadi, pengertian bangsa dalam arti politik adalah bangsa yang memiliki kepentingan, nasib dan tujuan yang sama (politis). Bangsa dalam pengertian politik inilah yang memunculkan paham nasionalisme atau semangat kebangsaan. Selain itu bangsa juga berasal dari orang-orang yang mempunyai kesamaan latar belakang sejarah pengalaman, dan perjuangan dalam mencapai hasrat untuk bersatu. 

Ciri-Ciri Bangsa
Berdsarkan pengertian bangsa tersebut, bangsa memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 
1). Sekelompok manusia yang memiliki rasa kebersamaan (self belonging together)
2). Memiliki wilayah tertentu tetapi belum memiliki pemerintahan sendiri
3). Ada kehendak bersama untuk membentuk atau berada di bawah pemerintahan yang dibuatnya sendiri
4). Keanggotan orangnya bersifat kebangsaan/nasionalitas. 
5). Tidak dapat ditentukan secara pasti waktu kelahirannya, misal suku bangsa Betawi tidak diketahui secara pasti kapan mulai ada suku bangsa Betawi itu. 

Pengertian Bangsa : Apa itu Bangsa ?...

Sekian artikel tentang  Pengertian Bangsa : Apa itu Bangsa ?... semoga bermanfaat

.
Blog, Updated at: 23.48