Mengenal Sejarah Kerajaan Bima

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Mengenal Sejarah Kerajaan Bima| Kerajaan Bima merupakan kerajaan islam yang kini telah menjadi sejarah nusantara (indonesia), Kerajaan Bima memiliki berbagai peninggalan-peninggalan yang bersejarah dalam asal-usul berdirinya kerajaan bima dari raja-raja yang pernah membuat pada saat memerintah Kerajaan Bima atau masih berkuasa serta perjuangan-perjuangannya dalam melawan penjajah. Sejarah Kerajaan Bima dimulai terbentuk dari kedatangan Islam di Kepulauan Nusa Tenggara diperkirakan sejak abad ke-16, yang dibawah oleh Sunan Perapen, putra Sunan Giri. Adapun Bima sebagai kerajaan telah ada sejak pertengahan abad ke-17. 

Hal ini dapat dimengerti dari berbagai peristiwa, misalnya penolakan oleh Raja Bima (Tureli Nggampo) atas tawaran pembaruan perjanjian dari VOC tahun 1668. Juga peristiwa tahun 1691, ketika permaisuri Kerajaan Dompu terbunuh, Raja Bima ditangkap dan diasingkan ke Makassar sampai meninggal di penjara. Bima berkembang menjadi kerajaan Islam setelah Raja Ruma Ta Ma Bata Wada masuk Islam. 

Setelah masuk Islam dan naik takhta, ia bergelar Sultan Bima I atau Sultan Abdul Kohar. Setelah menjadi kerajaan Islam, Bima menjalin hubungan erat dengan Kerajaan Islam Gowa di Sulawesi. Setelah masa Sultan Abdul Kohar, Kerajaan Bima dipimpin oleh Raja Bicara Abdul Nabi dan Sultan Abdul Hamid. Setelah Sultan Abdul Hamid meninggal tahun 1891, Kerajaan Bima dipimpin oleh Sultan Ismail yang naik takhta kerajaan tahun 1814. 
Mengenal Sejarah Kerajaan Bima
Ngamo/Wacarima merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Bima
Sekian artikel tentang Mengenal Sejarah Kerajaan Bima semoga bermanfaat 



.
Blog, Updated at: 02.54