Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat Ke Dunia Timur

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat Ke Dunia Timur| Kedatangan bangsa barat ke dunia timur memiliki latar belakang tertentu sehingga mengapa bangsa barat atau negara-negara barat ini berbondong-bondong ke negara-negara yang berada di kawasan timur. bukan karna sebab, pasti ada yang mereka inginkan sehingga ia harus menjelajah ke kawasan dunia timur. Apa itu ?.. Itulah yang kita akan tunjukkan pada pembahasan kali ini yakni Latar belakang kedatangan bangsa barat ke dunia timur. Untuk mengetahui itu mari kita lihat pembahasannya seperti dibawah ini..

a. Keinginan untuk Mencari Rempah-Rempah
Setelah Konstantionopel jatuh ke tangan Turki pada tahun 1453, perdagangan di Laut Tengah di kuasai oleh bangsa Turki mempersulit kedatangan para pedagang Eropa di daerah kekuasaannya sehingga perdagangan antara Eropa dan Asia mengalami kemunduran. Oleh karena itu, wilayah di sekitar laut Tengah yang sebelumnya ramai dikunjungi para pedagang dari berbagai negara menjadi sepi. Kebijakan Kerajaan Turki tersebut juga menyebabkan keguncangan perekonomian di wilayah sekitar Laut Tengah. Kemunduran perdagangan di Laut Tengah dan teruputusnya hubungan dagang antara Asia dan Eropa menimbulkan kesulitan bagi bangsa Eropa. 

Orang-orang Eropa merasa kesulitan untuk mendapatkan barang dagangan (terutama rempah-rempah) dengan harga yang murah. Oleh karena itu, orang-orang Eropa berusaha mencari daerah asal rempah-rempah. Dengan demikian, timbullah kegiatan pelayarann dan penjelajahan samudra yang dilakukan oleh orang-orang Eropa untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah, yakni Indonesia. 

b. Pandangan Bumi Bulat dari Copernicus
Pandangan Copernicus yang mengatakan bumi itu bulat juga makin meningkatkan kegiatan pelayaran dan penjelajahan samudra. Dengan pandangan bahwa bumi itu bulat maka setiap orang dapat berlayar ke setiap arah dan akhirnya dapat kembali ke tempat asalnya. Selanjutnya bangsa Inggris dan Belanda juga ikut aktif mengadakan pelayaran dan penjelajahan samudra.
c. Memperkenalkan Agama Kristen 

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat Ke Dunia Timur
Sekian artikel tentang Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat Ke Dunia Timur semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 03.36