Jenis-Jenis Pengangguran, Apa itu ?..

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Jenis-Jenis Pengangguran, Apa itu ?..| Pengangguran terbagi juga atas beberapa jenis. Baru mengetahui bahwa pengangguran itu mempunyai jenis-jenis yang kita tahu pengangguran itu tidak ada yang berbeda-beda tetap sama saja pengangguran, pasti para pembaca kaget melihat pembahasan kali ini tentang jenis-jenis pengangguran, apa lagi kami, tapi ini bukan sekedar candaan biasa, tapi ini memang betul-betul ada, Coba para pembaca buka buku ekonomi pasti langsung kaget lihat pembahasannya pengangguran, pasti akan terlihat bahwa pengangguran juga terdiri atas beberapa macam atau jenis pengangguran. Untuk membuktikan bahwa adanya jenis-jenis pengangguran mari kita lihat seperti yang ada dibawah ini..

Jenis-Jenis Pengangguran, Apa itu ?..

Jenis-Jenis Pengangguran
Jenis-jenis pengangguran terbagi atas dua yakni jenis-jenis pengangguran berdasarkan ilmu ekonomi, dan jenis-jenis pengangguran berdasarkan sebabnya. Kedua bagian tersebut dapat dilihat dibawah ini..

1. Jenis Pengangguran Berdasarkan Ilmu Ekonomi
Jenis-jenis pengangguran berdasarkan ilmu ekonomi terbagi atas tiga jenis, antarlain sebagai berikut..

a. Pengangguran Terbuka (Open Unemployment
Penduduk yang termasuk dalam golongan ini adalah tenaga kerja yang benar-benar tidak mempunyai pekerjaan yang dikarenakan belum memperoleh pekerjaan meskipun sudah berusaha mencari pekerjaan atau ada pula sebagian orang yang memang malas mencari pekerjaan atau malas bekerja.
b. Pengangguran Terselubung (Disguised Unemployment)
Pengangguran jenis ini adalah pekerja yang bekerja akan tetapi pada tingkat produktivitasnya yang tidak optimal. Hal ini disebabkan dalam satu jenis pekerjaan diisi oleh jumlah tenaga kerja yang lebih banyak dari yang seharusnya.Contohnya dalam suatu musim tanam, satu petak sawah jika dikerjakan secara optimal cukup dikerjakan oleh empat tenaga kerja saja akan tetapi dikerjakan oleh dua belas tenaga kerja. 
c. Setengah Menganggur (Under Unemployment)
Jenis pengangguran ini adalah orang yang bekerja kurang dari 35 jam dalam satu minggu. 

2. Jenis Pengangguran Berdasarkan Sebabnya
Jenis pengangguran berdasarkan sebabnya terbagi atas beberapa jenis, antaralain sebagai berikut..

a. Pengangguran Friksional (Transisional)
Pengangguran ini timbul karena perpindahan orang-orang dari satu daerah ke daerah lain, dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain dan karena tahapan siklus hidup yang berbeda. Contoh : 
  • Perpindahan tenaga kerja dari sektor pertanian ke sektor industri, untuk sementara menganggur. 
  • Berhenti dari pekerjaan yang lama untuk mencari pekerjaan baru yang lebih baik.
b. Pengangguran Stuktural
Pengangguran ini terjadi karena adanya perubahan dalam struktur perekonomian yang menyebabkan kelemahan di bidang keahlian lain. Contohnya : 
  • Suatu daerah yang tadinya agraris (pertanian) menjadi daerah industri, maka tenaga kerja di bidang pertanian akan menganggur
c. Pengangguran Siklikal atau Siklus atau Konjungtural
Pengangguran ini terjadi karena adanya gelombang konjungtur, yaitu adanya resesi atau kemunduran dalam kegiatan ekonomi. Contohnya : 
Suatu perusahaan ketika sedang maju membutuhkan tenaga kerja baru untuk perluasan usaha, sebaliknya ketika usahanya merugi terus maka akan terjadi pemutuhan hubungan kerja (PHK) atau pemecatan. 

d. Pengangguran Musiman (Seasonal)
Pengangguran musiman terjadi karena adanya perubahan musim pada suatu negara. Contoh : 
  • Pada musim panen, para petani pekerja dengan giat, sementara sebelumnya banyak tenaga kerja yang menganggur. 
Sekian artikel tentang Jenis-Jenis Pengangguran, Apa itu ?.. semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 03.03