Jenis-Jenis Iklim Menurut Para Ahli

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Jenis-Jenis Iklim Menurut Para Ahli| Sebelumnya telah dijelaskan pengertian iklim menurut para ahli dan sekarang kita akan membahas jenis-jenis iklim atau macam-macam menurut para ahli. Jenis-jenis iklim menurut ahli klimatologi seperti Iklim menurut W. Koppen, Iklim menurut Schmidt dan Ferguson, Iklim menurut F.Junghuhn, dari beberapa ahli tersebut memiliki pandangan tersendiri tentang pembagian iklim. Untuk mengetahui penjelasan tentang jenis-jenis iklim menurut para ahli klimatogi, dimana penjelasannya dapat dilihat seperti dibawah ini. 

Jenis-Jenis Iklim Menurut Para Ahli 
a. Iklim menurut W. Koppen 
Pembagian iklim dikemukakan oleh seorang ahli klimatologi dari jerman bernama W. Koppen pada tahun 1981. Dia membuat klasifikasi iklim untuk seluruh dunia berdasarkan suhu dan curah hujan. Pembagian iklim menurut W. Koppen adalah sebagai berikut : 
1). Iklim khatulistiwa
2). Iklim kering. 
3). Iklim sedang 
4). Iklim dingin. 
b. Iklim menurut Schmidt dan Ferguson
Pembagian tipe iklim ini berdasarkan banyaknya curah hujan tiap-tiap bulan, yakni membandingkan jumlah rata-rata bulan kering dan rata-rata jumlah bulan basah dikalikan 100%. Dikatakan bulan kering apabila rata-rata curah hujan sebulan kurang dari 60 mm. Disebut bulan lembab apabila curah hujan dalam sebelan antara 60 mm-100 mm dan bulan basah jika curah hujan dalam sebulan lebih dari 100 mm. 
c. Iklim menurut F. Junghuhn
F. Junghuhn mengklasifikasikan iklim menurut ketinggian tempat dan suhu serta kesesuainnya untuk jenis tanaman tertentu. Ia membagi iklim sebagai berikut. 
1). Daerah Panas dengan ketinggian 0-600 m dpl
2). Daerah sedang dengan ketinggian 600 m-1.500 m dpl 
3). Daerah sejuk dengan ketinggian 1.500 m-2.500 m dpl
4). Daerah dingin dengan ketinggian di atas 2.500 m dpl. 

Sekian artikel tentang Jenis-Jenis Iklim Menurut Para Ahli semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 04.09