Hasil Peninggalan Sejarah Kerajaan Bali

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Peninggalan Sejarah Kerajaan Bali| Kerajaan Bali, terdapat berbagai macam atau jenis hasil peninggalan-peninggalan kebudayaan yang bersejarah yang ditemukan para ahli arkeologi. Peninggalan kebudayaan Kerajaan Bali, antara lain prasasi, candi, karya sastra, dan kesenian. Peninggalan kebudayaan Kerajaan Bali berupa prasasti, antara lain Prasasti Blanjong (914 M), Prasasti Panglapuan (804 Saka/882 M), Prasasti Gunung Panulisan, dan prasasti-prasasti Anak Wungsu. Peninggalan kebudayaan Kerajaan Bali berupa candi, antara lain Candi Padas di Gunung Kawi, Pura Agung Besakih, Candi Mengening, dan Candi Wasan.

Di Bali hanya ditemukan sebuah kitab yang memuat cerita tradisional Bali yang dapat dijadikan sebagai sumber sejarah, yakni kitab Usana Bali. Di dalam prasasti-prasasti sebelum Raja Anak Wungsu, di sebut-sebut jenis kesenian yang ada pada masa itu. Pada masa pemerintahan Raja Anak Wungsu dikenal dua kelompok kesenian yaitu Seni Kraton dan Seni Rakyat. Seni Kraton dan Seni rakyat ini hanyalah nama pengelompokannya saja, mengingat dalam praktiknya masing-masing terbuka untuk dilihat oleh siapa saja.

Hasil Peninggalan Sejarah Kerajaan Bali
(Candi Padas di Gunung Kawi)
Itulah Peninggalan-peninggalan sejarah Kerajaan Bali, Lihat berbagai macam artikel-artikel lainnya di Artikelsiana.com adalah kumpulan artikel bermanfaat. Sebelum beranjak dari Halaman ini, mungkin ada baiknya Share, atau like agar semua orang dengan mudah mendapatkan peninggalan-peninggalan kerajan bali. Sekian artikel tentang Hasil Peninggalan Sejarah Kerajaan Bali semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 18.36