Pengertian dan definisi : Pengertian Dinamisme

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian dan definisi : Pengertian Dinamisme| Dalam pengertian dinamisme menurut definisi para ahli mengatakan bahwa pengertian dinamisme adalah kepercayaan terhadap kekuatan gaip yang terdapat pada benda-benda tertentu, misalnya pada pohon, batu besar, gunung, gua, senjata, dan azimat. Mereka menaruh hormat dan memuja benda-benda tersebut. Istilah dinamisme berasal dari kata dinamo yang artinya kekuatan. Dinamisme merupakan kepercayaan yang ada pada nenek moyang kita dan mungkin masih ada yang menganut kepercayaan dinamisme. Sebelumnya telah dijelaskan tentang kepercayaan nenek moyang di indonesia seperti animisme, totenisme, dan sekarang membahas tentang Dinamisme

Dinamisme adalah paham atau kepercayaan bahwa pada benda-benda tertentu baik benda hidup atau mati bahkan juga benda-benda ciptaan contohnya tombak dan keris yang mempunyai kekuatan gaip dan dianggap bersifat suci. Benda suci itu mempunyai sifat yang luat biasa (karena kebaikan atau keburukannya) sehingga dapat memancarkan pengaruh baik atau buruk kepada manusia dan dunia sekitarnya. Dengan demikian, di dalam masyarakat terdapat orang, binatang, tumbuh-tumbuhan, benda-benda, dan sebagainya yang dianggap mempunyai pengaruh baik dan buruk dan ada pula yang tidak.

Pengertian dan definisi : Pengertian Dinamisme
(Menyembah Pohon merupakan contoh dari Dinamisme)
Sekian artikel Pengertian dan definisi : Pengertian Dinamisme semoga bermanfaat  (Sumber : Sejarah, X SMA, Hal :33, Penulis : Rini Mardikaningsih-R.Sumaryanto, Penerbit : Global)

.
Blog, Updated at: 07.46