Demokrasi : Ciri-Ciri Demokrasi

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Ciri-Ciri Demokrasi| Ciri-ciri demokrasi menurut Bingham Powl, Jir. yang mengkasi demokrasi secara empirik, deskriptif, insitusional dan prosedural berdasarkan political performance. Sebelumnya kami telah membahas pengertian demokrasi, jadi sebelum kita melihat ciri-ciri demokrasi mungkin ada baiknya kita memilihat pengertiannya agar pemahaman kita tentang demokrasi lebih tertata rapih, jika sudah melihat pengertian demokrasi mari kita lihat ciri-ciri demokrasi menurut Bingham Powl, Jir. yang dapat dilihat dibawah ini.

Ciri-Ciri Demokrasi 
1. Legitimasi pemerintah, didasarkan pada klaim bahwa pemerintah tersebut mewakili keinginan kerakyatan, artinya klaim pemerintah untuk patuh pada aturan hukum didasarkan pada penekanan bahwa apa yang dilakukan pemerintah merupakan kehendak rakyat. 
2. Pengaturan yang mengorganisasikan perundingan (bargaining) untuk memperoleh legitimasi dilaksanakan melalui pemilihan umum yang kompetitif. Pemilihan dipilih dengan periode yang teratur, dan pemilih dapat memilih di antara beberapa alternatif calon. Dalam praktiknya, paling tidak terdapat dua partai politik yang mempunyai kesemaptan untuk menang sehingga pilihan tersebut benar-benar bermakna.
3. Sebagian besar orang dewasa dapat ikut serta dalam proses pemilihan, baik sebagai pemilih maupun sebagai calon untuk mendudui jabatan penting. 
4. Penduduk memilih secara rahasia tanpa dipaksa.
5. Masyarakat dan pemimpin menikmati hak-hak dasar, seperti kebebasan berbicara, berkumpul, berorganisasi dan kebebasan pers. Baik partai politik yang lama maupun yang baru dapat berusaha untuk memperoleh dukungan.
Sekian artikel tentang Ciri-Ciri Demokrasi  semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 15.14