Sejarah : Bukti Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Bukti Sejarah Masuknya Islam di Indonesia|masuknya islam di indonesia, kita akan berdasar pada bukti-bukti, sumber-sumber atau penemuan-penemuan baik itu benda-benda atau bangunan-bangunan yang berkaitan tentang islam. Bukti Sejarah Masuknya Islam di Indonesia :-Berdasarkan bukti dalam sumber-sumber sejarah abad ke -7, menurut berita cina dari Dinasti Tang bahwa ada orang-orang Ta-Shih (Ta-Cheh) yang datang ke wilayah nusantara. Sebutan Ta-Shih dalam berita itu disamakan dengan orang-orang Arab. Para pedagang Arab itu menyebut Sriwijaya dengan Zabag atau Sribusa. Sementara itu, W.P. Groenevelat mengatakan bahwa sejak tahun 674 sudah ada pedagang-pedagang Arab bermukim di pantai barat Sumatera. Pemukiman orang-orang Arab di pantai barat Sumatera itu kemungkinan besar adalah pelabuhan Barus. Ptolemeuss, seorang ilmuwan dari Iskandariah, Mesir menyebut pelabuhan terkenal di pantai barat Sumatera dengan sebutan Barousai. Para pedagang dari luar datang ke Pelabuhan Barus untuk mendapatkan kapur barus. Jadi, Islam dikenal di Indonesia sudah sejak abad ke-7. 

Berdasarkan peninggalan berupa batu tertulis tertua beraksasa dan berhuruf Arap yang ditemukan di Leran, Gresik diperkirakan Islam mulai berkembang di Jawa pada abad ke-11. Batu Leran itu memuat keterangan tentang meninggalnya seorang perempuan bernama Fatimah binti Maimum dengan angka tahun 1028.

Menurut berita dari seorang musafir Venesia yang bernama Marco Polo, pada abad ke-13, Islam sudah berkembang di Indonesia. Ia menunjuk bukti bahwa di daerah Aceh Utara telah ditemukan makam raja Islam di Samudra Pasai, yaitu Makam Raja Malik al Saleh yang berangka tahun 1297. 

Dari beberapa keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa islam sudah dikenal di Indonesia paling tidak sejak abad ke-7. Pada abad ke-11 islam mulai berkembang di Jawa dan pada abad ke-13 berkembang makin mantap dengan munculnya Kerajaan Samudera Pasai. Selanjutnya, Islam menyebar secara luas ke seluruh Nusantara kira-kira pada abad ke-15 sampai dengan abad ke-16

Sejarah : Bukti Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Itulah pembahasan tentang Sejarah : Bukti Sejarah Masuknya Islam di Indonesia, lihat proses masuknya islam di Indonesia dan Sejarah penyiaran agama Islam di IndonesiaSekian artikel tentang Bukti Sejarah Masuknya Islam di Indonesia semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 03.29