Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 16 November 2014

Asal Usul Bangsa Indonesia

Asal Usul Bangsa Indonesia| Berdasarkan toeri pendapat para ahli mengenai kehidupan Indonesia  atau Nusantara dapat disimpulkan tentang asal usul bangsa indonesia yang sebenarnya, ini menurut dari kesimpulan pendapat para ahli yang terdapat dua hal yang menarik tentang asal-usul bangsa yang menempati daerah kepulauan Indonesia. dapat dilihat seperti dibawah ini.

1. Bangsa Indonesia berasal dari daerah Indonesia sendiri. Kesimpulan ini menunjuk pada pendapat yang dikemukakan oleh Muh. Yamin yang didukung dengan penemuan fosil-fosil maupun artefak-artefak tertua di wilayah Indonesia. Dari hasil penemuan itu, muncul kesimpulan bahwa masyarakat awal Indonesia berasal dari daerah Indonesia sendiri yang kemudian menyebar ke daratan Asia. Selain itu, tidak banyak penemuan fosil manusia purba di daerah Asia lainnya. Salah satu fosil yang ditemukan daratan Cina disebut dengan Syanthropus Pekinensis, diperkirakan hidup sezaman dengan Pithecanthropus Erectus dari Indonesia. Adapun pada daerah-daerah lain di Asia hingga saaat ini belum berhasil ditemukan fosil-fosil manusia purba. 

2. Penduduk yang menempati daerah Kepulauan Indonesia diperkirakan berasal dari daratan Asia. Melalui jejak-jeka sejarah yang berhasil diteliti dan diketahui bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan selatan. Dari daerah Yunan inilah mereka menyebar ke arah selatan hingga sampai di daerah Kepulauan Indonesia. Walaupun demikian, terdapat pula pendapat dari ahli menyebutkan bahwa masyarakat awal yang menempati wilayah Indonesia termasuk rumpun bangsa Melayu. Bangsa Melayu Indonesia ini merupakan orang-orang Austronesia yang memasuki wilayah Nusantara dan menetap. Mereka inilah yang menjadi nenek moyang langsung bangsa Indonesia sekarang.

Sekian artikel tentang Asal Usul Bangsa Indonesia semoga bermanfaat 

Asal Usul Bangsa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin