Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 2 October 2014

Peredaran Darah Besar dan Peredaran Darah Kecil

Peredaran Darah:Peredaran Darah Besar dan Peredaran Darah Kecil| Darah peredaran ke tubuh manusia dibedakan menjadi dua yakni peredaran darah kecil dan peredaran darah besar, sehingga manusia dapat terus dialirkan darah karna darah memiliki fungsi bagi tubuh manusia. Pada waktu serambi jantung mengembang, darah yang berasal dari pembuluh balik akan masuk ke jantung. Jika kedua serambi menguncup, darah akan menuju ke bilik. Pada waktu kedua bilik menguncup, darah akan keluar dan jantung menuju ke pembuluh nadi yang menyalurkan darah ke seluruh tubuh dan paru- paru. Darah yang menuju ke seluruh tubuh akhirnya kembali ke jantung melalui pembuluh balik.  Darah dari seluruh tubuh masuk ke jantung melalui serambi kanan, kemudian ke bilik kanan. Darah dari bilik kanan menuju ke paru-paru. Setelah mengikat oksigen, darah dan paru-paru mengalir kembali ke serambi kin jantung. Darah dan serambi kiri masuk ke bilik kiri dan keluar lagi menuju ke seluruh tubuh. Dengan demikian, peredaran darah pada tubuh manusia dapat disebut peredaran darah rangkap atau peredaran darah ganda. Peredaran darah rangkap dibedakan menjadi peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.


Peredaran Darah (Peredaran darah Besar dan Peredaran darah Kecila. Peredaran darah kecil atau peredaran darah pendek adalah peredaran darah yang dimulai dari bilik kanan jantung menuju ke paru-paru dan akhirnya kembali ke serambi kiri jantung.

b. Peredaran darah besar atau peredaran darah panjang adalah peredaran darah yang dimulai dari bilik kiri jantung menuju ke seluruh tubuh, kemudian kembali lagi ke serambi kanan jantung. 

Kesimpulan : Peredaran Darah 
a. Peredaran darah kecil : jantung (bilik kanan) => pembuluh nadi paru-paru => paru-paru => pembuluh balik paru-paru => jantung (serambi kiri )  
b. Peredaran darah besar : jantung (bilik kiri) aorta => pembuluh nadi => pembuluh kapiler => pembuluh balik => jantung (serambi kanan)
Sekian Artikel Tentang  Peredaran Darah, dan Mekanisme Peredaran darah kecil dan Peredaran darah besar, Semoga Bermanfaat . (Sumber : Konsep dan Penerapan Sains Biologi, Hal : 49-50, Penerbit : Tiga Serangkai.2004.Solo, Penulis : Drs. Sunarto.dkk)

Peredaran Darah Besar dan Peredaran Darah Kecil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin