Pengertian Tenaga Eksogen dan Penjelasannya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Tenaga Eksogen| Tenaga Eksogen, menurut beberapa ahli tentang pengertian tenaga eksogen, menyatakan bahwa pengertian tenaga eksogen adalah semua kekuatan dari luar bumi yang turut berpengaruh terhadap permukaan bumi. Tenaga Eksogen memiliki dampak bagi manusia dan kehidupan lainnya, dampak-dampak tenaga eksogen mengakibatkan dampak positif dan dampak negatif tenaga eksogen atau menguntungkan dan merugikan dari tenaga eksogen. Sumber kekuatan tersebut adalah sinar matahari, air, aingin, dan gletser, yang membantu dalam proses terjadinya atau terbentuknya tenaga eksogen karna sumber-sumber kekuatan tersebut. 

Tenaga Eksogen bersifat merusak terhadap bentuk-bentuk muka bumi yang dibangun oleh tenaga endogen. Bentuk-bentuk menonjol hasil orogenesa akan dikikis oleh tenaga eksogen. demikian pula bentuk-bentuk lekuk seperti palung dan basin akan ditimbun dengan sedimen.

Kekuatan yang ditimbulkan Tenaga Eksogen 
1. Pelapukan, pelapukan adalah proses rusaknya batu-batuan pada tempat asalnya. pelapukan dapat terjadi secara pelapukan kimia, mekanik, dan organik 
2. Erosi, erosi adalah pengikisan dan meindahan hasil-hasil pelapukan oleh air, angin, dan gletser dari tempat asal ke tempat lain. 
3. Sedimentasi, sedimentasi atau pengendapan adalah proses penimbunan tempat-tempat yang lekuk dengan bahan-bahan hasil erosi yang terbawa oleh aliran air, angin, ataupun gletser.

Pengertian Tenaga Eksogen dan Penjelasannya
(Contoh Gambar : Erosi, kekuatan yang ditimbulkan tenaga eksogen)
Sekian artikel tentang Pengertian Tenaga Eksogen dan Penjelasannya semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 15.42