Pengertian Relief Mikro dan Bentuk-Bentuk Relief Mikro

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Relief Mikro dan Bentuk-Bentuk Relief Mikro| Kali ini kita membahas pengertian relief mikro dan bentuk-bentuk relief mikro. Relief mikro merupakan bagian dari relief permukaan bumi yang kita ketahuai bahwa relief permukaan bumi dibedakan menjadi dua yakni relief makro dan relief mikro. pada postingan lalu kita sudah membahas tentang pengertian relief makro dan bentuk-bentuk relief makro. kali ini kita membahas tentang pengertian relief mikro dan bentuk-bentuk relief mikro. Pengertian relief mikro menurut para ahli yang telah disimpulkan bahwa pengertian relief mikro adalah bentuk-bentuk permukaan bumi yang lebih kecil dan terdapat di dalam relief makro. setelah membahas pengertian relief mikro selanjutnya kita akan membahas tentang bentuk-bentuk relief mikro seperti yang ada dibawah ini.

Bentuk-Bentuk Relief Mikro
a. Dataran tinggi adalah tanah datar yang lebih tinggi dari pada daerah sekitarnya. Contohnya, dataran tinggi dieng dan dataran tinggi Bandung (di pulau Jawa); dataran tinggi Gayo dan Dataran Tinggi Alas (di pulau Sumatera)
b. Dataran rendah adalah daerah rendah dan datar. Umumnya, daerah ini merupakan endapan erosi dari daerah sekitarnya. Dataran ini banyak digunakan sebagai persawahan karena mudah mengairinya. 
c. Dataran nyaris (peneplain) adalah dataran rendah dengan sedikit miring ke arah laut karena mengalami erosi terus-menerus. Walaupun dataran redah, tetapi tidak subur karena lapisan tanah bagian atas telah hilang. 
d. Pegunungan adalah daerah yang lebih tinggi daripada sekitarnta karena banyak gunung. 
e. Gunung adalah daerah muka bumi yang berbentuk kerucut atau kubah. Sebagian gunung ada yang bersifat vulkanik, biasa disebut gunung api. Gunung-gunung api di indonesia menghasilkan tanah yang subur. 
f. Lembah adalah daerah yang lebih rendah daripada sekitarnya. Lembah pada umumnya dihasilkan oleh erosi. 
g. Plato adalah dataran tinggi yang bagian atarnya rata dan dibatasi oleh tebing-tebing terjal sisa erosi.

Pengertian Relief Mikro dan Bentuk-Bentuk Relief Mikro
(Lembah merupakan salah satu bentuk-bentuk relief mikro)
sekian artikel tentang Pengertian Relief Mikro dan Bentuk-Bentuk Relief Mikro semoga bermanfaat





.
Blog, Updated at: 07.20