Pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Relief Makro dan Bentuk-bentuk Relief Makro| Dalam pengertian relief makro menurut definisi para ahli dan berdasarkan bentuk-bentuk relief makro dapat disimpulkan bahwa pengertian relief makro, relief makro adalah bentuk-bentuk permukaan bumi yang sangat besar meliputi sebuah, bahkan beberapa benua. Relief makro merupakan bagian dari relief permukaan bumi dimana relief permukaan bumi dibedakan menjadi dua yakni relief makro dan relief mikro, dimana kali ini dibahas adalah relief makro, seperti dengan tema diatas yakni pengertian relief makro dan bentuk-bentuk relief makro dengan sudah diartikan relief makro seperti yang ada diatas, selanjutnya akan dibahas bentuk-bentuk relief makro yang terbagi atas 3 yakni perisai benua, dataran stabil, dan jalur pegunungan, Untuk mengetahui lebih mendalam tentang bentuk-bentuk relief makro, mari kita lihat penjelasan dan pembahasannya seperti yang ada dibawah ini.

Bentuk-Bentuk Relief Makro
a. Perisai dunia, Perisai dunia adalah dasar benua-benua yang bentuknya sedikit cembung, seperti perisai (alat militer untuk menangkal serangan). Dasar benua tersebut sekarang terkubur oleh lapisan endapan yang sangat tebal. Batuan-batuan pada perisai benua umurnya sangat tua dan sudah mengalami metamorfosa (perubahan bentuk dan sifat). 

b. Dataran Stabil, Dataran Stabil (stable plateform) adalah dataran luas diatas pemukaan endapan tebal yang menutupi perisai benua Contohnya, dataran luas di Amerika Utara. Dataran ini disebut dataran stabil karena lapisan sedimen masih tersusun rapi dari bawah ke atas tanpa ada perubahan yang berarti. Dataran tersebut sekarang sudah terpotong-potong oleh beberapa sungai, antara lain sungai colorado (baca : Kolorado). Lembah-lembag bekas erosinya yang berdinding terjal disebut canyon : (baca : kanyen). Grand canyon kolorado ( baca : gren kanyen  kolorado) adalah nama daerah aliran sungai colorado yang sangat luas dan banyak dinding canyon. Pada dinding-dinding canyon terlihat perlapisan batuan yang sangat tebal dan sama di mana-mana. Artinya, dulu seluruh daerah ini merupakan dataran yang sangat luas. 

Pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro
c. Jalur Pegunungan, jalur pegunungan (mountain belt) adalah rangkaian gunung, pegunungan yang sangat panjang terdapat di sepanjang pebatasan benua-benua. Ada dua jalur pegunungan yang sangat panjang, yaitu jalur pegunungan sirkum mediterania dan jalur pegunungan sirkum pasifik 
1). Jalur pegunungan Sirkum Mediterainia melingkari laut mediteran atau laut tengah.  Jalur ini dimulai dari Afrika Utara, Selat Gibraltar, Pegunungan Alpen di Eropa Selatan, Pegunungan Himalaya di Asia Selatan, Pegunungan-pegunungan di Asia tenggara, Semenanjung Malaka, Pula Sumatera, Pulau Jawa, Nusa Tenggara, dan berujung maluku selatan.
2). Jalur Pegunungan Sirkum Pasifik melingkari Samudra Pasifik. Jalur pegunungan ini dimulai dai pegunungan Andes di Amerika selatan, pegunungan Rocky di Amerika Utara, kepulauan Aleut di samudra pasifik utara, kepulaun jepang, filipina, pegunungan di kalimantan utara, sangir talaut, minahasa, maluku utara, pegunungan jaya wijaya, dan berakhir di selandia baru. 
Sekian artikel tentang Pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro semoga bermanfaat

.
Blog, Updated at: 06.36