Pengertian Rawa dan Ciri-Ciri Rawa

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Rawa dan Ciri-Ciri Rawa| Rawa adalah daerah rendah yang tergenang air dan pada umumnya permukaan air rawa selalu dibawah atau sama dengan permukaan air laut, sehingga airnya selalu mengegenang dan permukaan airnya selalu tertutup oleh tumbuhan air. Rawa atau rawa-rawa terkadang sangat sulit dibedakan dengan sungai, terkadang ada sungai yang seperti dengan Rawa, dimana sungai tersebut jika dilihat sangat mirip dengan rawa, padahal banyak sekali perbedaan antara rawa dan sungai, Dalam proses terbentuknya rawa  juga sangat harus diketahui agar dapat mengetahui jelas tentang rawa. Untuk lebih mengetahui tentang Rawa dan cara membedakannya dengan sungai mari kita melihat tentang ciri-ciri  rawa dengan mengetahui ciri-ciri rawa maka kita dapat membedakan antara rawa dan sungai. Ciri-ciri rawa dapat dilihat seperti dibawah ini.. 

Ciri-ciri Rawa 
Ciri-Ciri rawa antara lain.. 
1. Dilihat dari air rawa adalah airnya asam dan berwarna coklat sampai kehitam-hitaman.
2. Berdasarkan tempatnya, Rawa-rawa ada yang terdapat di pedalaman daratan tetapi banyak pula yang terdapat di sekitar pantai. 
3. Air rawa disekitar pantai sangat dipengaruhi oleh pasang surutnya air laut 
4. Pada saat air luat pasang permukaan rawa tergenang banyak dan saat air surut daerah ini kering. 
5. Rawa di tepi pantai ini banyak ditumbuhi oleh pohon bakau sedangkan yang ada di daerah pedalaman banyak dtumbuhi palem nipah (Sejenis palem ). 

Rawa-Rawa di indonesia banyak terdapat di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi (sekitar pantai) dan sepanjang pantai Provinsi Irian Jaya (Papua). 

Jadi setelah mempelajari ciri-ciri rawa, apakah sudah dapat membedakan rawa dan sungai?., pastinya dong karna sangat jelas sekali perbedaan rawa dan sungai Sekian Pembahasan tentang Pengertian Rawa dan Ciri-Ciri Rawa semoga bermanfaat(Sumber :Geografi, Hal : 148, Penerbit : Erlangga. 2004.Jakarta, Penulis : P.Ginting, Fathur  Rahman M.)

.
Blog, Updated at: 20.36