Pengertian Perubahan Sosial dan Budaya Serta Hubungannya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Perubahan Sosial dan Budaya Serta Hubungannya|Perubahan sosial adalah adanya ketidaksesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda yang ada dalam kehidupan sosial, sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan sosial baru. Dengan kata lain, perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur sosial atau organisasi sosial yang meliputi perubahan dalam sikap, perilaku, norma, sistem nilai, dan pola-pola perilaku. Perubahan budaya adalah suatu keadaan yang di dalamnya terjadi ketidaksesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga tercapai keadaan yang tidak serasi dengan fungsinya bagi kehidupan.

Hubungan Perubahan Sosial dan Perubahasan Budaya
Perubahan sosial dan perubahan budaya erat hubungannya sath sama lain. Antara keduanya saling mempengaruhi yang bersifat terus-menerus dan menyangkut seluruh aspek kehidupan. Hubungan perubahan sosial dan perubahan kebudayaan, adalah sebagai berikut.

1). Perubahan kebudayaan sering mempengaruhi perubahan sosial. Misalnya, bila suatu negara mengubah bentuk pemerintahannya, perubahan itu akan mempengaruhi lembaga-lembaga sosial, struktur kelas sosial, cara-cara berinteraksi, dan peraturan-peraturan yang berlaku.

2). Tidak semua perubahan kebudayaan mempengaruhi perubahan sosial. Misalnya, perubahan mode pakaian dan perubahan logat suatu bahasa tidak mempengaruhi perubahan sosial.

Pengertian Perubahan Sosial dan Budaya Serta Hubungannya
(Contoh perubahan budaya dalam pakaian )
Sekian Artikel tentang Pengertian Perubahan Sosial dan Budaya Serta Hubungannya Semoga Bermanfaat (Sumber : Ips Geografi, Hal : 100-101, Penerbit : Tiga Serangkai.2002.Solo, Penulis : Drs. Kuswanto, M.M.dkk)

.
Blog, Updated at: 21.50