Pengertian Pegunungan Patahan dan Jenis-Jenisnya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Pegunungan Patahan dan Jenis-Jenis Patahan| Patahan terdiri atas beberapa macam-macam atau jenis-jenis patahan, dalam pengertian pegunungan patahan adalah pegunungan dengan struktur geologi patahan (sesar). Struktur patahan terjadi karena gerakan mendatar lempeng kerak bumi mengenai lapisan batuan yang tidak lentur sehingga mengalami lapisan batuan yang tidak lentur sehingga mengalami patah-patah. Jenis patahan, antara lain patahan normal, patahan rebah, sesar geser, serta horst dan graben. setiap jenis-jenis patahan atau macam-macam patahan ini pasti memiliki proses terbentuknya maksudnya mengapa bisa terbentuk patahan-patahan seperti dalam jenis-jenis patahan dan pasti dalam terjadinya patahan tersebut mengalami kejadian-kejadian dan kerugian-kerugian yang sangat besar dan mungkin saja memiliki manfaat, keuntungan, dampak positif tetapi kali ini kita akan membahas dan menjelaskan jenis-jenis patahan tersebut akan dijelaskan seperti dibawah ini. 

Jenis-Jenis Patahan 
a. Patahan Normal terjadi apabila bagian yang terpatah letaknya di atas bidang patahan. 
b. Patahan Rebah (Thrush Fault) adalah patahan yang terjadi turun ke bawah akibat lanjutan dari lipatan. Jika tekanan dari salah satu sisi lebih kuat dan terus menerus maka struktur lipatan akan rebah dan porosnya terjadi di bidang patahan. Akibat dari patahan ini lapisan batuan akan terbalik susunannya. 
c. Sesar geser adalah patahan yang bergeser horizontal searah dengan garis poros. Contohnya, daerah yang menjadi pusat gempat di california dan Amerika Serikat, serta sesar Opak sebagai pusat gempa yogyakarta pada tangal 27 Mei 2006.
d. Horst adalah bagian atau segmen dari patahan yang menonjol ke atas, sedangkan graben adalah segmen yang turun ke bawah.  

Pengertian Pegunungan Patahan dan Jenis-Jenisnya

Sekian artikel tentang Pengertian Pegunungan Patahan dan Jenis-Jenisnya semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 02.12