Pengertian Kalimat Efektif dan Aturan Penulisannya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Kalimat Efektif dan Aturan Penulisannya|Kalimat efektif memiliki tata cara dalam penulisan atau kaidah-kaidah. Dalam pengertian kalimat efektif menurut definisi para ahli yang telah dirangkum dan disimpulkan bahwa pengertian kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan pikiran dan perasaan penulisnya dengan jelas dan tepat kepada pembaca. Kalimat efektif yang mengarah kepada fungsi, tujuan, topik pembicaraan dan apa yang ingin dibacarakan dinamakan kalimat efektif, maka dari itu untuk membuat kalimat efektif seperti itu perlunya tata cara penulisan atau aturan penulisan kalimat efektif dengan kaidah-kaidah yang benar dalam penulisan kalimat efektif, untuk mengetahuinya mari kita lihat aturan penulisan atau tata cara penuliasannya menurut kaida-kaidah penulisan kalimat efektif seperti dibawah ini.

 Aturan Penulisan Kalimat Efektif
a. Kalimat efektif ditulis dengan kaidah yang benar, yaitu 
1). Kalimat harus memiliki subjek dan predikat. kelompok kata kemudian pergi tidur bukan kalimat efektif sebab kalimat itu tidak memiliki subjek; yang ada hanya predikat dan keterangan. Begitu juga kebun luas yang pernah digarapnya bertahun-tahun sampai ia beranak bercucu belum merupakan kalimat. rangkaian itu kata sebenarnya merupakan bagian dari sebuah kalimat. Meskipun terlihat panjang, kelompok kata itu hanya memiliki subjek
2). Tidak boleh hanya berupa klausa bawahan. Karena telah berhasil mengerjakan tugas dengan baik, atau bahwa dirinyalah yang dianggap paling mampu belum merupakan kalimat. Hal ini karena kelompok kata itu hanyalah klausa bawahan.
3). Pilihan katanya harus tepat. Kalimat ia memandang orang sakit di RSCM, bukan kalimat efektif. Hal ini karena pilihan kata yang digunakan tidak tepat. Seharusnya, kata yang digunakan adalah kata menjenguk, bukan memandang, menyaksikan, atau menonton . 

b. Pesan yang dikandung harus jelas. Kalimat yang panjang dapat mengaburkan pesan. 
Pengertian Kalimat Efektif dan Aturan Penulisannya

sekian artikel tentang Pengertian Kalimat Efektif dan Aturan Penulisannya semoga bermanfaat

.
Blog, Updated at: 03.53