Pengertian Batuan Sedimen dan Jenis-Jenis Batuan Sedimen

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Batuan Sedimen dan Jenis-Jenis Batuan Sedimen| Batuan Sedimen atau endapan, menurut pengertian dan macam-macam batuan sedimen atau jenis-jenis batuan sedimen, batuan sedimen digolongkan menjadi tiga, yaitu batuan sedimen klastika, kimia, dan organik, sebelum kita membahas jenis-jenis batuan sedimen atau penggolongan batuan sedimen mari kita membahas tentang pengertian batuan sedimen, Batuan sedimen atau Batuan endapan adalah batuan yang terbentuk dari endapan bahan-bahan yang terbawa oleh air atau angin. ada juga yang di katakan Sedimentasi, taukah kalian apakah pengertian sedimentasi? atau apa itu sedimentasi ?. dan macam-macam sedimentasi, pengertian sedimentasi dan macam-macam sedimentasi telah dibahas sebelumnya. Untuk itu mari kita menjelaskan atau membahas tentang jenis-jenis batuan sedimen yang digolongkan menjadi 3 seperti dibawah ini.

a. Batuan Sedimen Klastika, batuan sedimen klastika adalah batuan sedimen yang terdiri atas klastika-klastika (hancuran batuan) yang mengendap secara alami (mekanik) oleh gaya beratnya sendiri. Sedimen klastika disebut juga sedimen mekanik. Contohnya, breksi, konglomerat, batu pasir, dan batu lempeng. Breksi adalah endapan krikil yang bersudut tajam (masih dekat dengan tempat asalnya ). Konglomerat adalah endapan krikil yang sudutnya membulat (sudut jauh terbawa aliran sungai). Batu Pasir adalah batuan endapan yang berasal dari fragmen batuan berukuran 1/16 - 2 mm. Ukuran klastika pada sedimen ini menunjukkan tempat terbentuknya. Konglomerat dan breksi merupakan endapan darat di sepanjang sungai sampai dengan muara. Pasir diendapkan di sepanjang pantai sampai kedalaman 200 meter di laut. 

b. Batuan Sedimen Kimia, batuan sedimen kimia adalah sedimen yang terbentuk melalui reaksi kimia, seperti evaporasi, presitasi, dan konsentrasi. Contohnya, batu garam, gypsum, stalaktit, dan stalagmit.

c. Batuan Sedimen Organit atau Sedimen Asal Jasad, batuan sedimen organit adalah sedimen yang berasal dari sisa-sisa jasad hidup atau dibuat oleh jasad hidup. Golongan sedimen ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sedimen biomekanik dan sedimen biokimia. Sedimen Biomekanik adalah endapan sisa-sisa bagian tubuh jasad hidup yang mengendap secara alami karena beratnya sendiri, misalnya batu gamping kerang, batu gamping numilites, dan batu gamping berlapis. Sedimen Biokimia adalah pengendapan unsur gamping dan silisium dengan batuan makhluk hidup. Contohnya, batu gamping terumbu (rumah binatang karang) dan tanah diatomea (pengendapan unsur silisium karena karbon dioksida (CO2) dalam air banyak diserap oleh ganggang diatomea). 

Pengertian Batuan Sedimen dan Jenis-Jenis Batuan Sedimen
(Contoh Gambar : Batuan Sedimen
Klastika yakni  Breksi )
Sekian artikel tentang Pengertian Batuan Sedimen dan Jenis-Jenis Batuan Sedimen semoga bermanfaat


.
Blog, Updated at: 02.10