Pengertian Batuan Beku dan Jenis-Jenis Batuan Beku

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Batuan Beku dan Jenis-Jenis Batuan Beku| Batuan beku merupakan sebagian dari jenis-jenis batuan dibumi. Macam-Macam batuan beku atau jenis batuan beku yakni ada tiga 3 macam atau jenis yakni batuan beku dalam (batuan plutonik), batuan beku gang atau korok, batuan beku luar atau batuan lelehan. Sebelum ke penjelasan tentang macam-macam batuan beku atau jenis-jenis batuan beku, mari kita bahas apa itu batuan beku?. Pengertian batuan beku menurut definisi para ahli menyatakan bahwa pengertian batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang mengalami pembekuan. Dalam proses terbentuknya batuan beku sudah dapat kita ketahui dengan melihat ciri-ciri batuan beku. Pembahasan selanjutnya adalah penjelasan tentang jenis-jenis batuan beku dan proses terbentuknya seperti proses terbentuknya batuan beku dalam, proses terbentuknya batuan beku gang atau gorok, proses terbentuknya batuan beku luar atau batuan lelehan, dan contoh-contoh batuan dari setiap jenis batuan beku, semua pembahasan tersebut dapat dilihat seperti dibawah ini. 

a. Batuan Beku dalam (batuan plutonik), membeku di dalam dapur magma secara perlahan-lahan sekali sehingga tubuh batuan terdiri atas kristal-kristal besar. Contohnya, batuan granit, batuan peridotitm dan batuan gabro.
b. Batuan beku gang atau korok. Batuan beku gang membeku pada gang atau celah-celah antarlapisan di dalam kulit bumi. Proses pembekuan berjalan lebih cepat sehingga di samping kristal besar terdapat pula banyak kristal kecil (semi kristalin = porfir). Contohnya, granit porfir. 
c. Batuan beku luar atau batuan lelehan,  Batuan beku luar membeku diluar kulit bumi. Batuan ini terjadi ketika gunung api menyemburkan lava cair pijar. Pembekuan terjadi tidak hanya di sekitar kawah gunung api, tetapi juga di udara. Proses pembukuan berlangsung singkat hampir tidak mengandung kristal (amorf)

Pengertian Batuan Beku dan Jenis-Jenis Batuan Beku
(Gambar : Batuan Granit)
Sekian artikel tentang Pengertian Batuan Beku dan Jenis-Jenis Batuan Beku semoga bermanfaat

.
Blog, Updated at: 05.24