Pendapat Tentang Masuknya Islam Ke Indonesia

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pendapat-Pendapat Para Ahli tentang masuknya islam ke indonesia|proses masuk dan berkembangnya budaya dan ajaran agama islam ke indonesia memunculkan beberapa pendapat yang menyatakan tentang kebenaran islam masuk ke indonesia yang kita ketahui sekarang bahwa agama islam di indonesia sekarang merupakan agama yang terbesar maksudnya agama islam merupakan agama yang paling banyak dianut oleh rakyat indonesia, Oleh karna itu mengapa islam di indonesia sangat besar, apakah dari sejarahnya indonesia sudah terlihat bahwa agama islam merupakan agama yang paling banyak digunakan pada zaman dulu di indonesia atau agama islam merupakan agama yang satu-satunya yang ada di indonesia, dan siapakah yang membawa agama islam ke indonesia pasti semua itu memiliki proses serta sejarah-sejarah sehingga para tokoh-tokoh atau para ahli mengemukakan pendapatnya tentang Masuknya islam ke indonesia serta bukti-bukti tentang Masuknya Islam Ke indonesia agar pendapat-pendapat yang dikemukakan para tokoh atau ahli dapat kita benarkan atau dapat kita percaya karna kita ketahui bersama bahwa agama islam merupakan agama yang paling banyak dianut oleh rakyat indonesia untuk Mengetahui itu semua mari kita lihat Pendapat tokoh-tokoh tentang masuknya islam ke indonesia dalam sebuah tema yakni Pendapat Para Ahli tentang Masuknya Islam Ke Indonesia seperti yang ada dibawah ini..

Pendapat Para Ahli tentang Masuknya Islam Ke Indonesia

Pendapat-Pendapat Para Ahli tentang masuknya islam ke indonesiaProses Masuknya dan berkembangnya kebudayaan dan ajaran agama islam ke indonesia memunculkan beberapa pendapat, Para tokoh yang mengemukakan pendapat itu diantaranya ada yang langsung mengetahui proses masuk dan tersebarnya budaya serta ajaran agama islam di indonesia, tetapi ada pula yang melalui berbagai bentuk penelitian seperti yang dilakukan oleh orang-orang Barat (Eropa) yang datang ke Indonesia karena tugas atau dipekerjakan oleh pemerintahnya di indonesia (ketika Indonesia dikuasai oleh bangsa-bangsa barat).Tokoh-tokoh yang mengemukakan pendapat tentang keberadaan budaya dan ajaran agama Islam di Indonesia di antaranya:

Marco Polo (1292). Dalam perjalanan pulang dan negeri Cina, Marco Polo mengunjungi Pulau Sumatera. Pelabuhan yang pertama dikunjunginyan bernama Ferlec (disamakan dengan Perlak). Menurut Marco Polo, daerah Perlak banyak dikunjungi oleh pedagang Muslim. Keberadaan pedagang Muslim itu dapat mengubah keyakinan penduduk asli untuk memeluk ajaran agama Islam. Berita dari Marco Polo merupakan berita tertua yang menyatakan bahwa di Indonesia telah berkembang sekelompok warga Muslim, pastinya dikota-kota yang terletak di tepi pantai atau di tepi jalur pelayaran dan perdagangan pada saat itu.

Mohammad Ghor.Mohammad Ghor merupakan seorang tokoh yang berhasil menaklukkan dan menyebarkan Islam di Gujarat (India). Dalam penyebaran budaya dan ajaran agama Islam ke Indonesia, para pedagang Gujarat mempunyai peran yang sangat penting. Melalui hubungan yang dijalin antara para pedagang Gujarat dengan para pedagang dari Indonesia itulah budaya dan ajaran agama Islam berkembang ke Indonesia. 

Ibn Batuta. Ibn Batuta telah dua kali melakukan perjalanan ke China (1345 — 1346). Ia menemukan satu kerajaan Islam. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan Sultan yang mengikuti upacara Syafi’i. Ibn Batuta juga menyatakan bahwa daerah-daerah yang berada di sekitar negeri itu penduduknya belum memeluk agama Islam. Ibn Batuta juga menemukan satu makam Islam di kota Samudera yang berangka tahun 1421. Penemuan makam bertanda Islam ini, artinya bahwa di daerah Samudera telah berkembang agama Islam

Diego Lopez de Sequeira.Pada tahun 1509 Diego Lopez de Sequeira mengunjungi Pasai. Ia berpendapat bahwa Pasai mempakan pusat penyebaran budaya dan ajaran agama Islam terpenting dan pertama  . juga berasal dari daerah Pasai inilah budaya dan ajaran agama Islam kemudian
menjalar atau tersebar ke seluruh daerah di Indonesia.

Sir Richard Winsted. Sir Richard Winsted menyatakan bahwa Parameswara (raja Malaka) telah memeluk agama Islam dan mengganti namanya menjadi Iskandar Syah. ini dilakukan dikarenakan posisi yang sangat strategis dalam aktivitas pelayaran dan perdagangan yang melalui Selat Malaka.  serta Malaka dijadikan sebagai pusat perdagangan dan penyebaran agama Islam di Asia Tenggara, begitu pula dengabn ke indonesia .

     Melalui beberapa pendapat-pendapat  seperti yang ada diatas, dapat kita ketahui budaya dan ajaran agama Islam telah berkembang di Indonesia. Diawalii dengan perkembangan dan munculnya Kerajaan Samudera Pasai sebagai kerajaan Islam pertama di Indonesia. Dan Samudera Pasai inilah budaya dan ajaran agama Islam berkembang ke seluruh wilayah Indonesia. Namun, selain Para tokoh itu, masih ada banyak ahli-ahli menyatakan tentang masuk dan berkembangnya budaya dan ajaran agama Islam ke Indonesia.

Semoga kita mengetahui dari artikel diatas yang dibahas yakni Pendapat  Tentang Masuknya Islam Ke Indonesia bahwa Islam masuk ke indonesia juga dibuktikan dari pendapat para tokoh ahli yang dalam pendapatnya memiliki bukti-bukti yang kuat sehingga pendapat-pendapatnya dapat kita percaya sehingga artikel ini dapat kita jadikan sebagai sumber pembelajaran baik itu menambah wawasan dan mengerjakan tugas-tugas karna dalam artikel ini patut kita pelajari sebagai penguat dalam bukti-bukti bahwa islam telah masuk di indonesia menurut beberapa pendapat ahli. 
Sekian Artikel Tentang Pendapat Ahli Tentang Masuknya Islam Ke Indonesia Semoga Bermanfaat(Sumber : Sejarah, Hal : 39-40, Penerbit : Erlangga.2006.Jakarta, Penulis : Iwayan Badrika)

.
Blog, Updated at: 04.47