Sejarah : Masa Berburu dan Meramu Masa Manusia Purba

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Sejarah : Masa Berburu dan Meramu Masa Manusia Purba| Kehidupan manusia purba waktu itu masih food gathering, yakni mencari makan dan mengumpulkan makanan. kehidupan sosial ekonomi manusia purba masih sangat sederhana. Ativitas Mencari dan Mengumpulkan Makanan pada masa itu manusia purba hidup dengan berburu dan meramu. Meramu artinya mencari dan mengumpulkan makanan dan menangkap binatang. Beberapa binatang yang bisa ditangkap, misalnya, rusa, celeng, banteng, kerbau liar, kera, budak, kuda, sungai (kuda nila), dan kdang-kadang gajah. Mereka juga menangkap ikan. Sementara itu, dalam kegiatan meramu, mereka mengumpulkan bahan makanan yang enak dimakan secara langsung. Makanan yang di kumpulkan itu, misalnya jenis ubi-ubian, keladi, buah-buahan, bahkan juga daun-daunan. 

Cara hidup dengan mengumpulkan makanan itu dikenal dengan sebutan food gathering. Jadi, bahan makanan yang dikumpulkan itu tidak dimasak terlebih dahulu karena mereka belum mengenal memasak. Sesuai dengan cara hidupnya, manusia purba akan senantiasa berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain. Mereka meninggalkan tempat jika bahan makanan ditempat tersebut habis.

 Kemudian pindah dan mencari tempat yang masih banyak bahan makanan dan binatang buruan yang dapat ditangkap. Disamping itu, mereka juga mencari tempat-tempat yang ada airnya. Kehidupan manusia purba pada waktu itu juga sering Hidup Berkelompok, mereka bergerombol di tempat-tempat yang tersedia banyak bahan makanan dan airnya. Misalnya, tempat yang banyak buahnya, biji-bijian, dan tanaman ubi-ubian. Juga tempat-tempat yang banya dilalui binatang sehingga perlunya berkelompok untuk menanggulangi binatang-binatang buas. 

Sejarah : Masa Berburu dan Meramu Masa Manusia Purba
(Masa Berburu dan Meramu)
Sekian artikel tentang Masa Berburu dan Meramu Masa Manusia Purba semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 07.27