Manfaat Sumber Daya Alam Hayati

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Manfaat Sumber Daya Alam Hayati|Sumber daya alam hayati memiliki manfaat yang penting bagi kehidupan manusia, antara lain dalam bidang ekonomi, biologi, dan bagi lingkungan, Semua itu  sangat membantu manusia karena sumber daya alam hayati karna meliputi ragam hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. sumber daya alam hayati termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Berbagai kebutuhan manusia untuk hidup sehari-hari diperoleh dari sumber daya hayati tersebut. Walaupun sumber daya alam hayati dapat diperbaharui disadari bahwa kemampuan untuk memperbaharui terbatas, Oleh karna itu, perlu adanya keseimbangan antara pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam hayati agar generasi-generasi mendatang dapat menikmatinya. sehingga sumber daya alam hayati sangat penting bagi manusia yang sangat berfungsi menghidupi segala keperluan manusia, sehingga sumber daya alam hayati sangat bermanfaat, manfaat sumber daya alam hayati adalah seperti dibawah ini... 

Manfaat Sumber Daya Alam Hayati

a. Manfaat dalam Bidang Ekonomi
Manfaat Sumber Daya Alam Hayati
(Hasil Kayu
Berbagaijenis ikan (ikan tuna dan ikan cakalang) serta jenis udang (udang windu) mempunyai nilai ekonomi tinggi karena dapat diekspor untuk menghasilkan devisa bagi negara. Nilai ekonomi hutan dapat berupa hasil kayu dan rotan yang dapat diekspor ke mancanegara atau digunakan di dalam negeri. Selain itu, ada beberapa jenis tumbuhan di hutan yang menghasilkan getah, misalnya pinus dan damar. Getah tersebut digunakan sebagai bahan minyak terpentin. Berbagai jenis tanaman pangan dan tumbuhan obat juga memiliki nilai ekonomi yang penting. Hasil tanaman pangan dan obat itu dapat dijual di pasar setempat atau di pasar nasional. Beberapa jenis tanaman pangan dapat juga menembus pasar internasional.

b. Manfaat dalam Bidang Biologi
Manfaat sumber alam hayati dan segi biologi, yaitu sebagai penunjang kehidupan makhluk hidup. Tumbuhan menghasilkan oksigen yang diperlukan untuk pernapasan makhluk hidup. Tumbuhan juga menghasilkan makanan bagi makhluk hidup yang lain. Tumbuhan di hutan melindungi tanah dari erosi dan longsor serta dapat menyimpan air untuk kehidupan makhluk hidup yang lain.

Peternakan dan pertanian telah banyak memanfaatkan sumber daya alam hayati. Berbagai jenis bahan pangan dan sandang diperoleh dan hasil budi daya tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dan hewan yang dibudi dayakan sebenamya berasal dari hutan yang hingga saat ini masih terdapat berbagai jenis yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Berbagai jenis tumbuhan dan hewan di hutan itu merupakan sumber plasma nutfah atau plasma benih. Plasma nutfah adalah sifat-sifat unggul atau khas yang diwariskan secara turun-temurun. Beberapa jenis tumbuhan dan hewan liar ada yang memiliki sifat-sifat unggul, misalnya tahan terhadap serangan hama dan kekeringan serta penghasil obat-obatan. Apabila tumbuhan atau hewan liar yang memiliki sifat-sifat unggul tersebut dikawin silangkan dengan tumbuhan atau hewan lain yang sejenis, kemungkinan akan diperoleh jenis unggul.


c. Manfaat bagi Lingkungan
Sumber daya alam hayati merupakan komponen biotik dalam ekosistem. Tumbuhan hijau berperan sebagai produsen karena mampu menghasilkan makanan bagi dirinya sendiri dan makhluk hidup lain. 

Proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau disebut fotosintesis. Kegiatan fotosintesis dapat menurunkan kadar CO2 dan meningkatkan kadar 02 di udara. Hewan berperan sebagai konsumen dan melepaskan CO2 ke udara ketika bernapas. Mikroorganisme berperan sebagai pengurai yang mengubah zat-zat organik menjadi zat anorganik terlarut yang dapat diserap oleh akar tanaman untuk
Manfaat Sumber Daya Alam Hayati
(Taman Kota)
membuat makanan.Pepohonan di hutan juga dapat mencegah longsor dan erosi. Apabila pohon-pohon di lereng gunung habis karena ditebang, air hujan yang mengalir deras akan membawa partikel permukaan tanah menjadi aliran lumpur.

Akibatnya, pada musim hujan berikutnya akan lebih banyak lagi air yang mengalir sepanjang lereng karena daya serap tanah makin berkurang. Berkurangnya daya serap air oleh tanah itulah yang dapat men gubah tanah menjadi gersang. Pohon-pohon di daerah pemukiman dapat menurunkan suhu udara. Menurut Bianpoen (1977), pembuatan jalur hijau seluas 400 m X 800 m mampu menurunkan suhu dan bagian kota yang berada pada jarak 2,5 km sebesar 2,5°C, sedangkan sebuah lapangan rumput seluas 100 m X 200 m hanya mampu menurunkan suhu sebesar 1°C dan bagian kota yang ada pada jarak 1 km.

Sekian Artikel Tentang Manfaat Sumber Daya Alam Hayati, Semoga Bermanfaat. 


.
Blog, Updated at: 01.39