Macam-macam Pola dalam Paragraf Deskripsi

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Macam-macam Pola dalam Paragraf Deskripsi|Dalam Pengertian Paragraf Deskripsi dan Ciri-cirinya terdapat pola-pola paragraf deksripsi dalam mengembangkan paragraf deskripsi tersebut sehingga dalam mendeskripsikan suatu keadaan. Pola-Pola dalam mengembangkan paragraf deskripsi yakni terbagi 2 yaitu Pola Tematis, dan Pola Keruangan,setiap pola-pola tersebut terdapat pengertian dan penjelasan pola tematis dan pengertian dan penjelasan pola keruangan, Untuk mengetahuinya mari kita lihat pembahasan dan penjelasannya seperti dibawah ini.

Macam-Macam Pola Pengembangan Paragraf Deskripsi
Paragraf deskripsi dapat dikembangkan dalam berbagai pola yakni 
a. Pola Tematis 
Paragraf ini disusun berdasarkan tema-tema kecil. Setiap tema diwakili oleh satu atau dua buah kalimat. Adapun tema-tema yang terdapat dalam paragraf itu antara lain : 
Contohnya : 
Terdengar suara seruling sangat merdu. Terasa menyayat-nyayat hati. Suara gamelan bertalu-talu berselang dengan suara gong. "Gung...gung..." begitu menggema suara itu. Tepuk tangan penonton sesekali menyelinginya Tidak ada kesedihan lagi disana, meskipun bagiku, semuanya tidak lebih dari sebuah peristiwa yang memilukan.
Tema-tema dalam paragraf itu antaralain : 
1). Suara seruling
2). Suara gamelan
3). Tepuk tangan penonton, 
4). Kesedihan 
5). Sebuah peristiwa yang memilukan
b. Pola Keruangan 
Susunan paragraf ini disusun menurut urutan ruang, misalnya dari atas ke bawah, dari pinggir ke tengah, dari utara ke selatan, dan sebagainya. 
Contoh : 
Remang-remang di belakang panggung itu, hampir tidak kelihatan apa saja yang ada disana. Akan tetapi, tidak demikian dengan di depan panggung. Di sana, keadaannya terang benderang. Apalagi di atas panggungnya. Sepertinya, jarum pun kalau terjatuh disana pasti terlihat 
Urutan keruangan dalam paragraf itu adalah sebagai berikut 
1). di belakang panggung itu, 
2). di depan panggung, dan 
3). di atas panggung,

Sekian artikel tentang Macam-macam Pola dalam Paragraf Deskripsi semoga bermanfaat

.
Blog, Updated at: 03.51