Jenis Media Sosialisasi dan Peranannya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Jenis Media Sosialisasi dan Peranannya| Dalam sosialisasi perlunya media agar tujuan dan peranan /fungsi sosialisasi dapat tercapai, jenis atau macam-macam media sosialisasi ini sangat beraneka ragam, sebelumnya telah dibahas pengertian sosialisasi menurut para ahli. Proses sosialisasi terjadi dalam institusi sosial atau kelompok masyarakat. Dalam terjadinya sosialisasi memiliki tahapan-tahapan sosialisasi yang membuat sosialisasi tersebut dapat terjadi. Kelompok masyarakat yang berperan penting dalam proses sosialisasi, seperti keluarga, teman sepermainan, sekolah, lingkungan kerja, dan media massa. Media-media sosialisasi seperti diatas, penjelasannya dapat dilihat seperti dibawah ini..,

a. Keluarga. Keluarga mempunyai fungsi dan pengawasan sosial. Keluarga memberi pengertian kepada anak tentang peranannya baik dalam keluar maupun masyarakat. Seseorang dalam berhubungan selalu dengan orang lain dan diperlukan kebiasaan yang telah teratur, seperti cara makan dan cara berpakaian. 

b. Teman Sepermainan . Mempersamakan diri dengan teman sepermainan merupakan salah satu hal penting dalam perkembangan tingkah laku. Proses sosialisasi dalam teman sepermainan adalah dengan saling meniru dan selalu belajar. 

c. Lingkungan Sekolah. Melalui berbagai pelajaran yang didapat dari sekolah, ilmu pengetahuan dan keterampilannya berkembang. 

d. Lingkungan Kerja. Lingkungan kerja merupakan salah satu tempat yang juga dapat membentuk kepribadian seseorang. 

e. Media Massa. Proses sosialisasi pada saat ini lebih banyak menggunakan media massa baik cetak maupun elektronik. Ada beberapa metode yang dipergunakan masyarakat dalam memengaruhi proses sosialisasi anak. 
(Contoh Media Sosialisasi Keluarga)
Sekian artikel tentang Jenis Media Sosialisasi dan Peranannya semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 04.34