Ciri-Ciri Nilai sosial dan Fungsi Nilai Sosial

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Ciri-Ciri Nilai sosial dan Fungsi Nilai Sosial| Nilai sosial memiliki ciri-ciri dan fungsi yang menunjang pada pengertian nilai sosial sehingga kita dapat mengetahui tentang nilai-nilai sosial sehingga disaat kita menandakan bahwa itu nilai sosial kita dapat melihat dari, seperti apakah itu nilai-nilai sosial?. jawabannya lihatlah ciri-ciri nilai sosial akan sangat jelas kita dapat mengeahui bahwa itu nilai sosial, dalam pengertian nilai sosial dapat diartikan sebagai sesuatu yang baik, diinginkan, diharapkan, dan dianggap penting oleh masyarakat sehingga nilai sosial mengacu kepada tindakan manusia karna pada dasarnya nilai sosial memiliki fungsi-fungsi nilai sosial contohnya andi ingin mendapatkan nilai bagus pada saat ulangan fisika, melihat teman andi yang menyontek, andi tidak melakukan itu karna dalam diri andi memegang teguh nilai kejujuran dalam kehidupanya karna menyontek adalah tindakan curang. Dalam contoh tersebut mengartikan bahwa nilai sosial memiliki fungsi yang sangat penting. Untuk mengetahui Ciri-Ciri nilai sosial dan Fungsi nilai sosial mari kita lihat pembahasannya seperti dibawah ini.. 

Ciri-ciri nilai sosial 
a. Merupakan hasil ciptaan masyarakat melalui interaksi antara warga masyarakat. 
b. Disebarkan dikalangan warga masyarakat melalui proses sosialisasi (proses pelajar) 
c. Merupakan bagian dari usaha pemenuhan kebutuhan dan kepuasan sosial. 
d. Berbeda-beda antara masyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya. 
e. Dapat memengaruhi pengembangan diri warga masyaraka dengan tingkat pengaruh yang berbeda-beda antara warga masyarakat. 
f. Nilai-nilai sosial yang ada dalam masyarakat, satu sama lain cenderung berkaitan 

Fungsi Nilai Sosial 
Keberadaan nilai-nilai sosial memiliki fungsi tertentu dalam masyarakat. Beberapa fungsi itu antara lain sebagai berikut. 
a.  Mengarahkan masyarakat dalam berfikir dan beringkah laku. 
b. Penentu bagi warga masyarakat dalam memenuhi peranan sosialnya (mendorong /memotivasi orang untuk bertindak sesuai dengan peranannya) 
c. Alat untuk menumbuhkan solidaritas dikalangan anggota masyarakat. 
d. Pengawas (kontrol ) perilaku manusia dengan daya tekan dan daya mengikat tertentu agar orang berperilaku sesuai dengan nilai yang dianutnya.

Ciri-Ciri Nilai sosial dan Fungsi Nilai Sosial
(Contoh Nilai Sosial)
Sekian pembahasan tentang Ciri-Ciri Nilai sosial dan Fungsi Nilai Sosial  Semoga bermanfaat (Sumber : Sosiologi kelas x, Hal :44, Penerbit : Phibeta.2006. Jakarta. Penulis : Saptono, Bambang Suteng S.)


.
Blog, Updated at: 05.56