Alat-Alat Mencari, Berburu dan Meramu Makanan

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Alat-Alat Mencari, Berburu dan Meramu Makanan| mencari, meramu bahan makan dan beruburu binatang.dengan menggunakan alat-alat tertentu pada masa manusia purba. Macam-macam Alat-alat itu umumnya terbuat dari batu, tulang, dan kayu, bermacam-macam alat yang digunakan dan berbagai bentuk-bentuk alat-alat untuk mencari, berburu dan meramu makanan dimana alat-alat tersebut memiliki kegunaan, ciri-ciri bentuk dari alat-alat tersebut. Alat-alat yang digunakan itu masih sangat kasar. akan tetapi, sudah ada dikerjakan sesuai dengan kegunaannya. Misalnya, ada yang dari batu seadanya, tetapi ada juga yang sudah dibentuk sekalipun masih sederhana. marilah kita lihat beberapa alat yang digunakan oleh manusia purba untuk mencari, meramu, dan berburu antara lain..

Macam-Macam Alat-Alat Mencari, Beruburu dan Meramu Makanan

1). Kapak Genggam. Kapak genggam merupakan sejenis kapak, tetapi tidak bertangkai. Kapak ini digunakan oleh manusia purba dengan cara digenggam, mungkin untuk memukul bahan makanan atau melempar binatang buruan. Kapak genggam ini ada yang ujungnya agak runcing sehingga bisa digunakan untuk mengorek tanah, seperti saat mencari ubi dan kapak ini juga ada di Pacitan, Jawa Timur yang disebut kapak penetap atau chopper

Contoh Gambar : Kapak Genggam
Alat-Alat Mencari, Berburu dan Meramu Makanan

2). Alat-Alat Serpih. Di samping alat-alat kapak dari batu, manusia purba juga mengenal alat-alat serpih. Alat serpih ini dapat digunakan sebagai gurdi, penusuk, dan pisau. 

Contoh Gambar : Alat-alat Serpih
Alat-Alat Mencari, Berburu dan Meramu Makanan

3). Alat-Alat dari Tulang dan Kayu . Disamping alat-alat dari batu, manusia purba juga mengenal alat-alat dari kayu, tulang, dan tanduk rusa. Alat-alat yang berbuat dari tulang, misalnya mata ombak. Ada ujung tombak yang bergigi pada kedua sisinya. Ujung tombak yang bergigi ini biasanya terbuat dari tanduk rusa. Sementara itu, kayu digunakan untuk membuat tangkai tombak. Kemungkinan besar alat-alat yang berupa tombak itu digunakan untuk berburu dan menangkap ikan. 

Contoh Gambar : Alat-Alat Tulang dan Kayu
Alat-Alat Mencari, Berburu dan Meramu Makanan

4). Pebble. Pebble merupakan alat semcam kapak genggam dan terbuat dari batu kali yang dipecah. Ada juga batu penggiling atau pipisan untuk menghaluskan makanan 

5). Anak Panah dan Flake. Anak panah dan flake dapat digunakan untuk berburu dan mencari makanan. Dalam perkembangannya ada suatu hal yang menarik dalam kehidupan manusia purba jenis Pithecantropus Erectus. Mereka sudah mulai mengenal gunung api. Awalnya mereka mengal dan melihat gejala alam. 

Contoh Gambar : Anak Panah dan Flake 

Alat-Alat Mencari, Berburu dan Meramu Makanan

Sekian artikel tentang Alat-Alat Mencari, Berburu dan Meramu Makanan semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 08.08