Mengapa Agama Islam Mudah diterima Indonesia ??....

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Sebab-sebab Islam mudah diterima Di Indonesia|Islam di indonesia memiliki penyebab atau faktor-faktor dalam lahirnya islam di indonesia sehingga islam mudah diterima oleh seluruh rakyat indonesia dalam hal itu memiliki cara-cara tersendiri sehingga islam mudah diterima di indonesia yang kita ketahui bahwa islam di indonesia dibawah oleh pedagang yang dimana tak berangsung lama islam tersebar ke seluruh wilayah di indonesia timbul pertanyaan Mengapa Islam begitu mudah tersebar di indonesia ?. Mengapa islam sangat mudah diterima oleh masyarakat indonesia ?. Apa reaksi masyarakat indonesia pada saat agama islam datang ke indonesia dan bagaimana cara islam di sebarkan atau perkembangan islam di indonesia, Hal itu memiliki sebab-sebab yang membuat islam di indonesia seperti yang ada dibawah ini yakni sebab-sebab islam mudah diterima diindonesia, 

Sebab-sebab Islam mudah diterima di Indonesia antara lain :..
Sebab-sebab Islam mudah diterima Di Indonesia
(Al-Qur'an merupakan kitab Agama Islam)
1). Kelemahan kerajaan Majapahit sesudah Hayam Wuruk menjadikan goyahnya terhadap agama Hindu dan Budha serta kepercayaan lama yang lain. Goncangnya keyakinan terhadap agama yang lama itulah yang menyebabkan penduduk Indonesia mudah menerima agama yang baru, yakni agama Islam.

2). Islam memberi pcrasaan harga diri sesama manusia, orang yang berkedudukan rendah merasa sederajat dengan orang yang berpangkat sebagai anggota masyarakat Islam maka penduduk dengan mudah menerima Islam. Ingat hal ini berlawanan dengan idiologi Hindu dengan sistim kastanya. Oleh karena itu proses pengislaman di Indonesia dan bawah ke atas (dari rakyat ke raja).Setelah penduduk memeluk agama Islam, baru dengan pertimbangan politik raja memeluk agama Islam juga agar mendapatkan dukungan dari tentara dan penduduk. (Ingat dalam masalah ini Guru Agama mempunyai peranan yang sangat penting).

3). Dalam menyampaikan ajarannya Guru Agama pandai menyesuaikan diri dengan penduduk setempat, baik penyesuaian materi ajarannya yang diberikan maupun tingkah-lakunya. Sehingga penduduk mudah menerimanya.

Pengislaman penduduk daerah pantai dan pedagang maju pesat.Setelah dunia perdagangan di Indonesia dikuasai oleb orang Islam, barulah para pedagang dan pembesar-pembesar pelabuhan Tuban dan Gresik (milik Majapahit) mau masuk Islam, karena mereka takut kehilangan mata pencaharian. Pengislaman semacam itu tidak hanya terjadi di daerah tersebut, melainkan juga dilakukan di daerah-daerah lain di kepulauan Indonesia. Juga menjangkau daerah-daerah pedalaman yang penduduknya terdiri dari petani. Sehingga makin hari makin bertambah banyak jumlah umat Islam Indonesia. Sampai pada waktunya kaum Muslimin mempunyai tempat yang terhormat dan memiliki kekuatan yang menentukan. Kemudian berdirilah kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, seperti kerajaan Pasai, Demak, Banten, Cirebon Banjar, Maluku dan lain-lain. Kesemuanya itu berkat perjuangan guru-guru agama bersama-sama rakyat yang dijiwai semangat tauhid yang tinggi dan suci. Maka hasilnya tidak akan tergoyahkan sampai sekarang dan seterusnya.


Sekian Artikel Tentang Sebab-sebab Islam mudah diterima Di Indonesia Semoga bermanfaat
(Sumber : Sejarah Kebudayaan Islam,  Hal : 89-90, Penerbit : Cv. Toha Putra.Semarang, Penulis : A.Jamil, Ba.dkk)

.
Blog, Updated at: 22.15