Pengertian Pancasila dan Pancasila Menurut Para Ahli

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Pancasila dan Pancasila Menurut Para Ahli|Pancasila pasti sering kita dengar pada saat kita sekolah upacara pada hari senin , tahukah kalian mengapa dikatakan pancasila dan tahukah kalian apakah itu pancasila, yang sebenarnya sudah sering anda dengar tapi belum mengetahui pengertian pancasila. oleh karna itu mari kital lihat penjelasan diawah ini mengenai. Pengertian atau arti Pancasila dan Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli Sebagai berikut......
A. Pengertian Pancasila Secara Umum
Ditinjau dan asal usulnya, kata “Pancasila” berasal dan bahasa Sanskerta yang mengandung dua suku kata, yaitu panca dan syila. Panca berarti lima dan syila dengan huruf yang dibaca pendek mempunyai arti satu sendi, dasar, alat, atau asas. Sedangkan syila dengan pengucapan i panjang (syi:la) berarti peraturan tingkah laku yang baik, utama atau yang penting. Dengan demikian Pancasila dapat diartikan berlaku sendi, lima. Atau lima tingkah laku utama, atau pelaksanaan lima kesusilaan (Panca syila krama).

B. Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli
Berikut ini pendapat para ahli tentang pengertian Pancasila, adalah sebagai berikut.
1. Notonegoro
Pancasila adalah dasar falsafah negara Indonesia, sehingga dapat diartikan kesimpulan bahwa Pancasila merupakan dasar fasafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia, sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta bagian pertahanan bangsa dan negara.
2. Muhammad Yamin
Pancasila berasal dan kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti sendi, asas, dasar, atau peratu ran tingkah laku yang penting dan baik. Dengan démikian, Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.
3. Ir. Soekarno
Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia secara turun-temurun yang sekian abad Iamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, Pancasila tidak saja falsafah negara, tetapi Iebih tuas lagi, yakni falsafah bangsa Indonesia.

Baca Juga:

Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan
Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia 
Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia 
Sejarah Indonesia: Sejarah Perumusan Pancasila 
Pengertian Dasar Negara dan Fungsi Dasar Negara 
Contoh Sikap Positif Terhadap Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari
artikelsiana.blogspot.com
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Pancasila dan Pancasila Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian pancasila, dan pengertian pancasila menurut para ahli. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
(Sumber : PKn, Hal : 2, Penerbit : Citra Pustaka, Penulis : Fifi Purnama Dewi, S.Pd. Diponegoro No. 76A)

.
Blog, Updated at: 23.40