Gangguan Penyakit pada Ginjal

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
(Artikelsiana). Gangguan penyakit pada ginjal dapat disebabkan oleh rusaknya ginjal dan cara atau pola makan yang salah. Beberapa macam penyakit pada ginjal, antara lain nefritis, diabetes mellitus, diabetes insipidus, dan albuminuria. Nefritis adalah gangguan pada nefron karena terinfeksi oleh kuman. Hal itu menyebabkan kadar urea dalam darah masih tinggi sehingga penyerapan air terganggu. Sebagai akibatnya, air akan tertimbun di kaki atau organ tubuh lain. Keadaan seperti ini disebut menderita oedema.

Diabetes mellitus disebut juga penyakit kencing manis. Penyebab penyakit ini adalah kekurangan hormon insulin sehingga kadar zat gula dalam darah meningkat. Kelebihan zat gula tersebut akan dikeluarkan dari ginjal bersama urine. Cara mengobati penyakit ini adalah dengan memberikan suntikan insulin secara teratur. Penyakit diabetes yang lebih ringan dapat diatasi dengan cara mengatur diet. Diperkirakan penyebab utama penyakit diabetes adalah faktor keturunan.

Diabetes insipidus adalah suatu penyakit yang ditandai dengan produksi urine yang sangat berlebihan. Penderita penyakit ini dapat mengeluarkan urine sampai 20 liter dalam sehari. Agar tidak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) fatal, penderita harus banyak minum air segar untuk menggantikan hilangnya air dari tubuh. Penyakit ini terjadi karena adanya gangguan dalam proses reabsorpsi akibat berkurangnya hormone ADH (antidiuretic hormone).

Albuminuria adalah penyakit karena terjadinya kerusakan pada alat filtrasi dalam ginjal sehingga protein darah dapat melewati proses penyaringan oleh ginjal. Gejala yang ditunjukkan penyakit ini adalah ditemukannya albumin dan protein dalam urine penderita.

Penyakit pada ginjal juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau adanya endapan zat kapur (kalsium) dalam ginjal. Endapan kalsium dapat terjadi pada salah satu bagian ginjal, yaitu rongga ginjal atau dalam kantong kemih. Endapan batu kapur dalam rongga ginjal menyebabkan penyakit batu ginjal, sedangkan endapan batu kapur yang terdapat dalam kantong kemih menyebabkan penyakit kencing batu. Gangguan dan penyakit berupa batu ginjal atau kencing batu dapat dihilangkan dengan pengobatan atau pembedahan. Sekarang telah ditemukan cara menghancurkan batu ginjal dengan menggunakan sinar laser dan getaran ultrasonik.

Keracunan dan infeksi oleh bakteri dapat menyebabkan ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau gagal ginjal. Jika satu ginjal tidak berfungsi, ginjal lain akan menggantikan fungsinya. Akan tetapi, apabila kedua ginjal tidak berfungsi, hanya ada dua pilihan, yaitu melakukan cuci darah secara teratur atau cangkok ginjal. Cuci darah merupakan tindakan yang bersifat sementara untuk menolong penderita. Jika penderita telah mendapat donor ginjal, cangkok ginjal merupakan pilihan yang terbaik.

Sekian uraian tentang Gangguan Penyakit pada Ginjal, semoga bermanfaat. 

.
Blog, Updated at: 16.08