Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 7 August 2014

Virus Pemakan Bakteri ( Bakteriofag)

Virus pemakan bakteri|Virus tidak hanya menyerang manusia tetapi Virus juga menyerang bakteri, Bahkan memakan bakteri, Virus memakan bakteri disebut Bakteriofag, Baiklah kali ini artikelsiana.com, akan membahas tentang Virus pemakan bakteri (bakteriofag), Bakteriofag atau seringkali disingkat fag ditemukan oleh dua orang ahli mikrobiologi bernama fredick Twort  ( 1913) dan Felix d'Herelle (1917) sebagai partikel yang menyebabakan sel bakteri lisis ( pecah).  Nama Virus ini berasal dari kata bacteria dalam bahasa inggris dan kata phagien berasal dari bahasa Yunani yang artinya makan..
Struktur bakteriofag terdiri sebagai berikut :
A.Kepala,
B. Ekor
C. Kaki serabut.
          Kepala terdiri dari asam nukleat yang diselubungi kapsid berbentuk polihedral. Bagian ekor menancap ke kepala. kaki serabut merupakan ekor yang berfungsi untuk menancapkan diri ke bagian tubuh bakteri. 
     Para peneliti mengembangkan pengetahuan tentang virus melali berbagai penelitian terhadap bakteriofag. Hal ini disebabkan karena bakteriofag  mudah untuk dikembangkan pada sel bakteri  hidup di laboratorium. Fag yang sering diselidiki adalah fag yang bersifat parasit pada bakteri E. cole yang disebut Fag T. 
       Fag T teridir atas kepala berbentuk heksagonal dengan diameter 50-65 milimikron dan panjang sampai 200 milimikron. panjang ekornya 100 milimikron. Kepala merupakan bagian utama yang pusatnya terdiri atas DNA yang diselubungi kapsid. ekor berupa tubuh bersumbat dilengkapi serabut.
Ada beberap fag yang sudah dikenal, yaitu fag :
  1. T2,
  2. T3
  3. T4
  4. T5,
  5. T6
  6. T7.
     Secara morfologi, bentuk luar keenam fag tesebut tidak banyak berbeda. Akan tetapi, secara serologi ( ilmu yang mempelajari serum )
    Mereka menunjukkan perbedaan yang nyata ialah :
    1. Fag T2 T4, T6 disebut T genap
    2. Termasuk satu golongan serologi. T3 dan T7 termasuk golongan serologi yang lain,
    3. Sedangkan T3 dan T5 berlainan satu sama lain dan juga berbeda dengan golongan serologi T yang lain


    Sekian Artikel Tentang Virus Pemakan Baktri (Bakteriofag) ,Semoga Bermanfaat
     (Sumber ; Biologi jilid 1 untuk SMA kelas X Hal : 23 )

    Virus Pemakan Bakteri ( Bakteriofag) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin