Sifat-Sifat Gelombang

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Sifat-Sifat Gelombang|Gelombang merupakan bagian dari aktifitas kita sehari-hari.Sifat-sifat gelombang yakni Gelombang dapat mengalami pemantulan.Gelombang dapat mengalami pembiasan, gelombang dapat mengalami (interferensi), gelombang dapat mengalami pelenturan, yang semuanya terdiri atas 4 sifat-sifat gelombang diseluruh sifat-sifat gelombang tersebut akan dijelaskan lebih rinci mengenai  keempat sifat-sifat gelombang tersebut dikarenakan dalam pemahanan tentang keempat sifat-sifat gelombang tersebut masih mengambang atau belum mengerti karena dalam keempat sifat-sifat gelombang tersebut belum jelas, Oleh karna itu mari kita lihat pembahasan dan penjelasan keempat sifat-sifat gelombang itu, seperti yang ada dibawah ini....

 Sifat-Sifat Gelombang sebagai berikut..... 
1. Gelombang dapat mengalami pemantulan Semua gelombang dapat dipantulkan jika terkena penghalang. Contohnya itu gelombang stasioner ditali Gelombang datang dapat dipantulkan oleh penghalang. Contoh lain kalian mungkin sering mendengar gema yaitu pantulan gelombang bunyi. Gema dapat terjadi di gedung-gedung atau saat berekreasi ke dekat tebing. Pemantulan gelombang akan tampak jelas jika diamati dengan menggunakan stroboskop. 
2. Gelombang dapat mengalami pembiasan. Pembiasan dapat diartikan sebagai pembelokan gelombang yang melalui batas dua medium yang berbeda. Pada pembiasan ml akan terjadi perubahan cepat rambat, panjang gelombang, dan arah. Sedangkan frekuensinya tetap. 
3. Gelombang dapat mengalami perpaduan (interferensi)lnterferensi adalah perpaduan dua gelombang atau Iebih. Jika dua gelombang dipadukan maka akan  terjadi dua kemungkinan yang khusus, yaitu saling menguatkan dan saling melemahkan. Interferensi saling menguatkan disebut interferensi kontruktif dan terpenuhi jika kedua gelombang sefase. Interferensi saling melemahkan disebut interferensi distruktif dan terpenuhi jika kedua gelombang berlawanan fase. 
4. Gelombang dapat mengalami pelenturan (difraksi). Difraksi gelombang adalah peristiwa pembelokan atau penyebaran (lenturan) gelombang jika gelombang tersebut melalul celah. Gejala difraksi akan semakin tampak jelas apabila lebar celah semakin lebih mengecil. Dengan sifat itulah tempat yang berada dalam rumah kita menjadi terang pada siang hari dikarenakan ada lubang kecil pada genting. Serta suara alunan musik dan tape recorder dapat sampai ke tempat yang lain , walaupun kamar wadah tape itu pintunya tertutup rapat.

Sifat-Sifat Gelombang dan contoh gelombang
Sekian Artikel tentang, Sifat-sifat Gelombang semoga bermanfaat, Lihat berbagai artikel bermanfaat Disini, semoga dapat bermanfaat tentang penjelasan sifat-sifat gelombang. Terima kasih  (Sumber : Fisika, Penerbit : CV Hayati Tumbuh Subur, hal : 8 )

.
Blog, Updated at: 02.06