Sejarah : Sejarah Berdirinya ASEAN

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Sejarah : Sejarah Berdirinya ASEAN| Di Asia Tenggara ada dua organisasi yang membawa pada pembentukan. Pertama, Assocition of Southeast Asia (ASA) yang dibentuk berdasarkan Deklarasi Bangkok tahun 1961 antara Malaysia, Muang Thai, dan Dilipina. Kedua, Maphilindo yang dibentuk pada tahun 1963, merupakan musyawarah antara negara-negara Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Karena adanya "Krisis Federasi Malaysia" yang kurang memuaskan Indonesiia dan Malaysia, maka diawali dengan ajakan Thanat Khoman dari Birma kepada Tun Abdul Razak dari Malaysia maupun Adama Malik dari Indonesia pada bulan Mei 1967 maka terbentuklah Deklari ASEAN 

      Deklarasi ASEAN ditandatangani pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok (Deklarasi Bangkok) oleh lima utusan dari 5 negara di kawasan Asia Tenggara. Ke lima tokoh yang menandatangani Deklrasi Bangkok adalah : 
1. Adama Malik (Menteri Luar Negeri Indonesia);
2. Tun Abdul Razak ( Wakil Perdana Menteri Malaysia); 
3. S. Rajaratnam (Menteri Luar Negeri Singapura); 
4. Narsisco Ramos ( Menteri Luar Negeri Filipina ); dan 
5. Thanat Khoman ( Menteri Luar Negeri Muang Thai)

Kelima negara di atas merupakan Anggota ASEAN pada awal berdirinya. Selanjutnyadalam perkembangannya sampai sekaran ini anggota ASEAN sudah bertambah 5 negara, yakni : 

1. Brunei Darussalam ( tanggal 7 Januari 1984), 
2. Vietnam (28 Juni 1995)
3. Laos (23 Juli 1997 ), 
4. Myammar ( 23 Juli 1997). dan 
5. Kampuchea (16 Desember 1998)'

Sekian artikel tentang Sejarah Berdirinya ASEAN semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 17.05