Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 23 August 2014

Sejarah : Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II

Sejarah : Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II| Pernahkah kamu menonton film yang berjudul “Hiroshima”? Dalarn film tersebut menceritakan tentang pemakaian senjata penghancur massal pertama kali di dunia. Sebuah bom nuklir yang dijatuhkan Amerika Serikat terhadap kota HIroshima, Jepang pada tanggal 6 Agustus 1945. Akibat dan ledakan bom tersebut Iuruh bangunan di Hiroshima luluh lantak rata dengan tanah, manusia terbakar terjadi karbon, dan yang tersisa hidup mengawali penderitaan baru. Peristiwa tersebut rnerupakan bagian dan Perang Dunia II. Jepang dengan mengandalkan pasukan berani matinya dan Amerika yakin dengan senjata bom nuklirnya mengalami kemenangan Dengan ambisi militernya yang luar biasa dalam Perang Dunia II, Jepang dapat berebut daerah-daerah di Asia Tenggara terrnasuk di Indonesia. Bagaimanakah tekiologi Perang Dunia II (termasuk penduduk Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonorni, dan politik di Indonesia akan dibahas dalam bab ini. Hal penting sekali kita ketahui agar dapat memberi gambaran kepada kita atas ideritaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang-. Dengan demikian arusnya kita akan menghargai jasa jasa para pejuang dalam merebut kemerdekaan.


Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II

Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II
(Adolf Hitler)
Keadaan politik internasional menjelang Perang Dunia II menyerupai keadaan tahun 1900-1914 sebelum Perang Dunia I. Ada yang menyatakan bahwa Perang Dania II merupakan lanjutan Perang Dunia I. Perang Dunia I merupakan balas dam Perancis terhadap Jerrnan karena dipermalukan dalam kekalaharmya ketika kalah perang tahun 1870-1871. Selain itu dalam masalah industri, Jerman juga bersaing dengan Inggris. Dengan persaingan-persaingan itu maka terbentuklah persekutuan militer (aliansi). Ada dua persekutuan, yakni Triple Alliante yakni kemudian dikenal dengan “Blok Sentral” yang terdiri atas Jerman, Austria dan Italia. dangkan Triple Entente yang kemudian disebut “Blok Sekutu” yang terdiri atas prancis, Inggris, Rusia dan lain-lain.

Pada tanggal 1 Agustus 1914 Jerman mengumumkan perang kepada Rusia dan disusul Perancis mengumumkan perang kepada Jerman tanggal 3 Agustus 1914. Kemudian tanggal 4 Agustus Inggris mengumumkan perang kepada Jerman. Selanjutnya berkecamuklah perang yang hampir melibatkan seluruh dunia dikenal dengan Perang Dunia I. Perang ini berakhir dengan kekalahan Jerman yang menyerah pada tanggal 11 November 1918. Sebagai pihak yang kalah, Jerman harus mernbayar ganti rugi kepada Sekutu dengan dikuatkan dalam Perjanjian Versailles pada tahun 1919. Kekalahan Jerman dengan telak ini member kesempatan kepada Adolf Hitler membangkitkan bangsanya untuk melakukan balas dendam kepada Perancis. Adolf Hitler

Mengembangkan fasisme dan kemudian memulai Perang Dunia II dengan menyerbu Poladia di kota Danzig yakni pada tanggal 1 september 1939. Peritiwa itulah yang menjadi sebab langsung terjadinya Perang Dunia II.

Sekian artikel tentang Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II  semoga bermanfaat
(Sumber : IPS, Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Penulis :Sutarto, Hal : 16 ) 

Sejarah : Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin