Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sosialisasi

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sosialisasi| Proses sosialisasi tentunya sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu, yang dapat berasal dari dalam ( intrinsik ) individu-individu sendiri, atau bahkan ada faktor-faktor yang berasal dari luar individu itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, marilah kita lihat seperti yang ada di bawah ini. Beberapa faktor yang secara garis besar mempengaruhi proses sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat Seperti dibawah ini....



Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sosialisasi seperti berikut ini.... 

1. Faktor Intrinsik 
               Pada hakikatnya faktor intrinsik adalah faktor yang berasal dari dalam individu yang melakukan proses sosialisasi. Wujud nyata faktor ini antara lain dapat berupa pembawaan-pembawaaan seperti bakat, ciri-ciri fisik ataupun warisan biologis termasuk kemampuan-kemampuan yang ada ada diri seseorang. Faktor-faktor ini akan mempengaruhi pada jalannya proses sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat seorang individu. Hasilnya akan sangat berpengaruh terutama dalam perolehan ketrampilan, pengetahuan, nilai-nilai dalam proses sosialisasi itu sendiri. Faktor intrinsik justru merupakan faktor yang dominan dalam mempengaruhi proses sosialisasi. Di satu sisi merupakan faktor pendorong untuk me judkan keinginan. di sisi lain merupakan faktor pengendali dan berfungsi sebagai pengukur mengenai baik-buruknya suatu aktivitas dalam proses interaksi.


2. Faktor eksterinsik
         Selain faktor-faktor bawaan yang ada di dalam diri masing-masing individu, secara kodrati, manusia juga sudah mendàpat pengaruh dan lingkungan di sekitamya. Faktor-faktor yang berada diluar diri individu inilah yang disebut faktor eksterinsik. Wujud nyata dan faktor ini adalah norma-norma, sistem sosial. dan sistem budaya, sistem mata pencaharian yang ada dalam masyarakat.
         Untuk melakukan proses sosialisasi seorang individu akan dibatasi dengan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat. Nilai-nilai mi akan menjadi pedoman bagi seseorang untuk melakukan berbagai aktivitas. Perpaduan antara faktor intrinsik dan eksterinsik akan berakumulasi pada diri seseorang dalam melaksanakan proses sosialisasi.

Sekian artikel tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sosialisasi semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 04.53